Ormas di Jateng Dikucuri Hibah Rp80,5 Miliar

Ormas yang terdaftar di Jateng tercatat sebanyak 2.044 ormas, tetapi yang mendapatkan dana hibah pada tahun ini sebanyak 1.336 ormas.
Potret uang pecahan Rp100.000 dan Rp50.000./Bloomberg-Brent Lewin.
Potret uang pecahan Rp100.000 dan Rp50.000./Bloomberg-Brent Lewin.

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengucurkan dana hibah sosial kemasyarakatan kepada organisasi kemasyarakatan (ormas) pada 2024 sebesar Rp80,5 miliar.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana kepada sejumlah perwakilan ormas di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (5/2/2024).

Ia menyebutkan, bahwa ormas yang terdaftar di Jateng tercatat sebanyak 2.044 ormas, tetapi yang mendapatkan dana hibah pada tahun ini sebanyak 1.336 ormas.

Ormas yang menerima dana hibah tersebut, kata dia, bergerak di bidang keagamaan, sosial, kebangsaan, dan sebagainya.

Nana mengharapkan, melalui dana hibah tersebut bisa semakin meningkatkan pengetahuan dan wawasan kebangsaan, nilai-nilai Pancasila, dan pengetahuan keagamaan masyarakat.

Ia mengingatkan, pengelola hibah Pemprov Jateng agar menggunakan dana hibah yang diserahkan itu sesuai dengan peruntukannya, mengingat anggaran tersebut bersumber dari APBD Provinsi Jateng.

"Karena ini uang negara maka penggunaannya harus dipertanggungjawabkan, baik secara administrasi maupun lainnya," tegas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sementara itu, salah satu penerima dana hibah dari ormas Ummahatur Rifa'iyah (Umri) Jateng Asyifa mengapresiasi pemberian dana hibah dari Pemprov Jateng kepada ormas di Jateng, termasuk Umri yang merupakan organisasi bergerak di bidang keagamaan.

Ia menyebutkan, dana hibah yang diterima Umri Jateng sebesar Rp75 juta yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan pengembangan organisasi dan peningkatan sumber daya manusia manusia

Anggaran tersebut, kata Asyifa, di antaranya akan digunakan untuk pelatihan dasar kepengurusan yang diikuti oleh generasi muda dari Himpunan Ummaratur Rifa'iyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper