Renovasi Lapangan Karebosi Senilai Rp63,5 Miliar Dimulai

Karebosi ini dulunya menjadi pusat lahan pertanian dan bermetamorfosa menjadi pusat olahraga dan kegiatan-kegiatan sosial.
Lapangan Karebosi Makassar./Tiktok
Lapangan Karebosi Makassar./Tiktok

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai melaksanakan proyek revitalisasi lapangan Karebosi yang dianggarkan senilai Rp63,5 miliar dikerjakan oleh pemenang tender PT Arkindo dengan membangun fasilitas olahraga dan rekreasi di lokasi jantung kota setempat.

"Karebosi ini dulunya menjadi pusat lahan pertanian dan bermetamorfosa menjadi pusat olahraga dan kegiatan-kegiatan sosial. Jadi gambarnya adalah menjadi pusat olahraga yang akan kita banggakan," ujar Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di sela-sela Groundbreaking atau permulaan pembangunan di lapangan Karebosi, Senin (5/2/2024).

Ia mengatakan lapangan Karebosi akan hadir dengan wajah baru yang dilengkapi dengan enam lapangan bola. Yaitu, dua lapangan sepak bola, empat lapangan berukuran kecil yang akan digunakan untuk anak-anak latihan.

Lapangan ini dihadirkan mengingat talenta Makassar merupakan kota yang banyak melahirkan atlet sepak bola salah satunya Ramang legenda sepakbola asal Makassar. Sehingga sarana dan prasarana yang menunjang bakat anak-anak generasi pelanjut menjadi hal penting.

"Semua (lapangan sepakbola) ini berbasis rumput sintetik dan berstandar internasional, dan ini bisa kita klaim terbesar di kota-kota besar," ujar pria yang kerab di sapa Danny Pomanto ini.

Selain memperbaiki sarana olahraga, kata Danny, revitalisasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya yang dapat dinikmati selama 24 jam. Dan bagi warga kota yang bekerja dari pagi hingga sore hari bisa menyempatkan diri berolahraga sepulang kerja di Lapangan Karebosi.

"Akhir tahun ini kita punya fasilitas olahraga dan sarana rekreasi yang sangat baik dan bersandar internasional, itulah Karebosi. Untuk itu, saya memohon maaf kepada masyarakat kita tutup lapangan Karebosi ini ditutup sementara sampai akhir tahun" tuturnya.

Hal senada disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi Tenri Lengka menyebutkan kontruksi proyek revitalisasi lapangan Karebosi dikerjakan PT Arkindo.

Proyek pembangunan konstruksi hingga selesai direncanakan selama 365 hari sejak penandatangan kontrak antara Pemkot dan PT Arkrindo di mulai 11 Desember 2024 sampai 14 Desember 2024.

"Kita berharap revitalisasi lapangan Karebosi sesuai dengan perencanaannya berdaya guna dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat Sulsel, khusunya Kota Makassar," kata Andi Engka menambahkan.

Acara tersebut di hadiri Pj Sekda Makassar dan sejumlah pejabat daerah Makassar, Kapolrestabes Makassar, Kepala Kejari Kota Makassar, Danramil Kota Makassar, Danyon Brimob Polda Sulsel, Ketua KONI, serta jajaran pejabat Organisasi Perangkat Daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper