Pemkab Semarang dan Amaya Home Resort Kompak Tangani Banjir

Pemerintah Kabupaten Semarang diiringi dengan aksi cepat tanggap dari Amaya Home Resort, mengambil langkah proaktif dalam mengatasi masalah banjir
Foto : Pemerintah Kabupaten Semarang dan Amaya Home Resort Tangani Banjir
Foto : Pemerintah Kabupaten Semarang dan Amaya Home Resort Tangani Banjir

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Semarang diiringi dengan aksi cepat tanggap dari Amaya Home Resort, mengambil langkah proaktif dalam mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di lingkungan ruang usaha (ruko) Jl.MT Haryono Ungaran Kab.Semarang yang juga berada di area jalan menuju kompleks hunian Amaya Home Resort. Dalam upaya menyelaraskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Semarang, Bupati beserta Lurah setempat telah berinisiatif untuk melakukan perbaikan infrastruktur yang berpotensi menjadi penyebab utama banjir tersebut.

“Kami merencanakan pembuatan beberapa tempat tangkapan air atau catchment area di beberapa lokasi,” ujar Valeanto Soekendro selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang kepada wartawan Tribun Jateng di waktu setempat.

Tangkapan air merupakan suatu areal atau daerah tangkapan hujan di mana batas wilayah tangkapannya ditentukan dari titik-titik elevasi tertinggi sampai terendah. 

Valeanto Soekendro menyebutkan, terdapat beberapa tanah eks bengkok di Kelurahan Sidomulyo dan Kelurahan Susukan di bagian hilir sungai yang akan dimanfaatkan untuk membuat tempat tangkapan itu. 

Menanggapi hal ini, Amaya Home Resort turut berperan aktif dalam mendukung program penanggulangan banjir yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Semarang. Dalam keterangan resminya, Amaya Home Resort menyatakan komitmennya untuk bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam menyediakan solusi yang berkelanjutan untuk masalah banjir yang terjadi di sekitar lingkungan perumahan mereka.

“Amaya Home Resort telah memiliki kolam retensi untuk menampung aliran sungai saat hujan, namun akan memaksimalkannya lebih lanjut melalui revitalisasi.” tambah Putut Alamanda Deva, Tim Project Amaya Home Resort. Hal ini juga menjadi rencana bagi Pemerintah Kabupaten setempat yaitu Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPU Kabupaten Semarang.

Hal lain juga turut disampaikan oleh Lurah Kalirejo setempat, yang menjelaskan bahwa kontur kali tersebut berkelok-kelok secara alami, sehingga mampu menahan derasnya air saat terjadi hujan deras di hulu. Oleh karena itu, pengoptimalan kolam retensi menjadi strategi yang cerdas dalam upaya mitigasi banjir di wilayah ini. Bupati Semarang, Ngesti Nugraha juga sempat melakukan pemantauan langsung kondisi pasca banjir dari atas jembatan kali tersebut. 

Dengan komitmen untuk memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para penghuni, Amaya Home Resort menyatakan dukungan dan kepedulian penunya terhadap inisiatif Pemerintah Kabupaten Semarang dalam penanggulangan banjir tersebut. Diharapkan aksi dan tindakan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi para warga yang tinggal di sekitar Amaya Home Resort, serta memberikan kontribusi nyata dalam upaya penanggulangan banjir di wilayah tersebut.

"Berdasarkan komitmen kami untuk memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para penghuni Amaya Home Resort, kami sangat mendukung inisiatif Pemerintah Kabupaten Semarang dalam penanggulangan banjir. Kami siap untuk bekerja sama dalam mengidentifikasi dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini," tutup Retno Wulandari Operasional Manager Amaya Home Resort.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper