Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisatawan ke Kota Semarang Tembus 400.000 Orang pada Libur Lebaran

Kota Semarang menduduki tempat wisata dengan kunjungan tertinggi pertama se-Jawa Tengah selama libur hari raya Idulfitri 2024.
Gereja Blenduk, salah satu bangunan di wilayah Kota Lama Semarang./blog.djarumbeasiswaplus.org
Gereja Blenduk, salah satu bangunan di wilayah Kota Lama Semarang./blog.djarumbeasiswaplus.org

Bisnis.com, SEMARANG - Kota Semarang menduduki tempat wisata dengan kunjungan tertinggi pertama se-Jawa Tengah selama libur hari raya Idulfitri 2024. Terhitung sejak tanggal 30 Maret sampai 16 April 2024, jumlah wisatawan yang berlibur ke Kota Semarang mencapai 400.747 pengunjung.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Ita mengatakan bahwa destinasi yang paling menarik kedatangan wisatawan adalah wisata Kota Lama, yang didatangi sampai 200.000 lebih pengunjung.

“Paling ramai itu di Kota Lama. Di Kota Lama ini sampai 200.000 pengunjung selama hari libur Lebaran,” bebernya dikutip Kamis (18/4/2024).

Jumlah kunjungan di wisata Kota Lama tersebut terhitung mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Puncaknya, Kota Lama paling ramai dikunjungi pada hari Sabtu (13/4/2024), yang didatangi sampai 50.676 pengunjung dalam satu hari.

Ita menjelaskan bahwa data yang dia pegang tersebut didapatkannya dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, bukan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Melihat pencapaian tersebut, Ita berhadap ke depannya ada program yang bisa lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Semarang, salah satunya dengan menambah atraksi hiburan.

“Kami harapkan di tahun depan bisa lebih banyak lagi. Kemarin saya sarankan untuk ditambah ada atraksi, dibanyakin program-program sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan,” beber Ita.

Menyusul Kota Lama, destinasi kedua yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Provinsi Jawa Tengah adalah Masjid Raya Syeikh Zayed di Kota Surakarta dengan total kunjungan 135.859 wisatawan.

Masjid Raya Syeikh Zayed ini merupakan sebuah masjid dengan gaya Timur Tengah dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2023. Selanjutnya secara berurutan ada Masjid Agung Demak di Kabupaten Demak yang telah dikunjungi oleh total 117.648 wisatawan, kemudian Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara dengan total kunjungan 61.384 wisatawan, dan Tempat Wisata Candi Prambanan dengan total kunjungan 60.354 wisatawan. (Vatrischa Putri Nur Sutrisno)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper