Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati Hari Kartini, 1.054 Milenial Rembang Diajak Membatik

Kegiatan tersebut memecahkan rekor MURI untuk kegiatan membatik dengan media syal oleh peserta terbanyak.
Peringati Hari Kartini, 1.054 Milenial Rembang Diajak Membatik
Peringati Hari Kartini, 1.054 Milenial Rembang Diajak Membatik

Bisnis.com, REMBANG - 1.054 Milenial di Kabupaten Rembang diajak untuk memperingati Hari Kartini dengan membatik.

Kegiatan tersebut menjadi rangkaian acara peringatan Hari Kartini ke-145 yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Rembang pada Minggu (21/4/2024).

Kegiatan membatik itu diikuti oleh pelajar SMA dari beberapa sekolah di Kabupaten Rembang. Banyaknya jumlah peserta membatik itu memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kegiatan membatik dengan media syal oleh peserta terbanyak.

"Ini merupakan sesuatu yang spektakuler dan kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara yaitu kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah dan kepada Pemerintah Kabupaten Rembang yang telah melaksanakan kegiatan ini sehingga resmi kami catat di MURI dengan kriteria rekor dunia sebagai rekor ke-11.594," jelas Sri Widayati, Representatif MURI.

Rahmat Dwi Saputra, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, menjelaskan bahwa kegiatan milenial membatik tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan BI bagi perekonomian daerah, khususnya di Kabupaten Rembang dan sekitarnya.

Lewat kegiatan tersebut, KPw BI Provinsi Jawa Tengah ingin mengangkat kembali kejayaan batik Lasem sembari mendorong generasi milenial untuk ikut melestarikan budaya membatik.

"Milenial membatik merepresentasikan BI hadir di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya melalui pembinaan kembali pembatik Lasem yang merupakan heritage Jawa Tengah dan ternyata itu memecahkan rekor MURI," kata Rahmat saat ditemui wartawan.

Adapun peringatan Hari Kartini ke-145 di Provinsi Jawa Tengah mengambil tema “Gelora Semangat Kartini untuk Ekonomi Jateng yang Maju dan Inklusif".

Rangkaian kegiatan telah terselenggara sejak Maret 2024 melalui berbagai kegiatan, mulai peningkatan kapasitas, program Kartini Mengajar, serta berbagai perlombaan dan sosialisasi.

Rahmat menjelaskan, BI memberikan dukungan dalam rangka penguatan sektor pariwisata melalui optimalisasi pemanfaatan Museum R.A Kartini.

Selain itu, BI juga melakukan pemberdayaan kelompok subsisten sebagai upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

"Ke depan, Peringatan Hari Kartini diharapkan dapat menjadi agenda nasional tahunan yang diselenggarakan di kota yang memiliki keterkaitan sejarah dengan R.A Kartini. Untuk mewujudkan agenda tersebut diperlukan sinergitas berbagai pihak, antara lain kementerian/lembaga, pemerintah daerah, komunitas, dan institusi/kelompok lain," jelas Rahmat.

Peserta peringatan Hari Kartini ke-145 di Alun-Alun Kabupaten Rembang mengikuti kegiatan membatik bersama pada Minggu (21/4/2024) pagi.-Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper