Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laras Asri Resort & Spa Salatiga Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran

Pelatihan ini dirancang untuk membekali para peserta dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi situasi kebakaran.
Laras Asri Resort & Spa Salatiga menyelenggarakan pelatihan pemadaman kebakaran pada Selasa, (24/9/2024). /Foto: Istimewa
Laras Asri Resort & Spa Salatiga menyelenggarakan pelatihan pemadaman kebakaran pada Selasa, (24/9/2024). /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Laras Asri Resort & Spa Salatiga menyelenggarakan pelatihan pemadaman kebakaran untuk memastikan memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan seluruh staf guna memberikan standar keamanan bagi para tamu dan staf. Pelatihan yang digelar pada 24 September 2024 tersebut diikuti oleh karyawan dari seluruh divisi.

Pelatihan ini dirancang untuk membekali para peserta dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi situasi kebakaran. Salah satu fokus utama pelatihan adalah memadamkan api menggunakan kain khusus tahan api. Teknik ini dianggap sebagai salah satu keterampilan dasar namun sangat penting, yang dapat digunakan untuk menangani kebakaran kecil sebelum api membesar dan sulit dikendalikan.

Bagian kedua dari pelatihan ini memperkenalkan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Para peserta diberikan pemahaman mengenai berbagai jenis APAR, serta jenis kebakaran yang cocok ditangani oleh masing-masing jenis alat tersebut baik itu kebakaran akibat korsleting listrik, cairan mudah terbakar, maupun bahan padat. Di bawah pengawasan tim pemadam kebakaran profesional mereka memastikan staf mampu menggunakan APAR dengan efektif saat menghadapi situasi kebakaran yang sebenarnya.

Selain pelatihan praktis, materi yang disampaikan juga mencakup pentingnya pencegahan kebakaran. Para karyawan diajarkan cara mengenali potensi bahaya kebakaran di lingkungan hotel, serta memastikan bahwa protokol keselamatan selalu dijalankan untuk meminimalkan resiko. Mulai dari staf dapur hingga housekeeping, setiap devisi secara aktif terlibat dalam diskusi terkait keselamatan kebakaran yang disesuaikan dengan peran dan tanggung jawab mereka di hotel.

“Kami percaya bahwa keselamatan kebakaran adalah tanggung jawab bersama. Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat membangun budaya kesiapsiagaan dan kerja tim dalam menghadapi keadaan darurat. Setiap anggota tim kini memiliki kepercayaan diri untuk bertindak cepat dan tepat saat menghadapi kebakaran,” ujar Anggit Jati Laksono selaku General Affair and Training Coordinator Laras Asri Resort & Spa Salatiga, Rabu (25/9/2024).

Acara ini tidak hanya menjadi pelatihan formal, tetapi juga momen kolaboratif yang melibatkan semua departemen. Pelatihan ini mempererat hubungan antar staf sekaligus mendorong sikap proaktif dalam menghadapi situasi darurat.

Pelatihan pemadaman kebakaran ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan Laras Asri Resort & Spa Salatiga untuk memastikan kesejahteraan tamu dan karyawan melalui latihan keselamatan dan program kesiapsiagaan secara rutin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper