Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korpri Jateng Sabet Penghargaan Terbaik Nasional 

Korps Pegawai Republik Indonesia Provinsi Jawa Tengah berhak meraih Korpri Award 2018 setelah dinobatkan sebagai yang terbaik di tingkat nasional.
Presiden RI Joko Widodo didampingiKetua DP Korpri Jateng Sri Puryono/Istimewa
Presiden RI Joko Widodo didampingiKetua DP Korpri Jateng Sri Puryono/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Korps Pegawai Republik Indonesia Provinsi Jawa Tengah berhak meraih Korpri Award 2018 setelah dinobatkan sebagai yang terbaik di tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diberikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Ketua Dewan Pengurus Korpri Jateng Sri Puryono yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah. Hal itu berlangsung saat peringatan Hari Uang Tahun (HUT) Korpri ke-47 di Istora Senayan Jakarta, Kamis (29/11/2018). 

Penghargaan itu melengkapi kiprah Korpri Jateng di tingkat nasional, setelah sebelumnya berhasil merebut juara dua MTQ Korpri IV Nasional Tahun 2018 di DKI Jakarta baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh jajaran Korpri untuk melakukan refleksi diri terkait apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan ke depan. Selama ini, kata Presiden, Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara telah berkontribusi besar kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran Aparatur Sipil Negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional,” kata Presiden, dikutip dari keterangan resmi.

Meski begitu, lanjut Jokowi, upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, harus selalu ditingkatkan. Apalagi saat ini, dunia dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat.

“Revolusi lndustri 4.0 yang membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia harus disikapi dengan bijak,” ujarnya.

Perkembangan teknologi informasi, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga menjadikan masyarakat semakin mudah untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik.

Hal tersebut, lanjut dia, akan menjadi beban ASN jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas.

“Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” tegas pria yang pernah menjabat Wali Kota Surakarta ini.

Jokowi juga berpesan kepada seluruh ASN di Indonesia untuk tidak terjebak dengan egosektoral, ego-organisasi, atau egoprogram masing-masing. Bagaimana pun, semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan lintas daerah.

“Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin Aparatur Sipil Negara bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” kata Presiden.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Korpri Jateng tersebut. Penghargaan tersebut harus dapat diimplementasikan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya pelayanan kepada masyarakat.

“Penghargaan ini adalah prestasi yang dilakukan teman-teman Korpri. Saya pesan, ini jangan hanya penghargaan, namun harus diwujudkan dalam bentuk aksi konkret dalam pelayanan publik. Supaya punya bobot yang lebih substantif, maka penghargaan ini semakin menjadikan Korpri Jateng memiliki integritas tinggi, memberikan pelayanan dengan cepat, mudah dan murah,” kata Ganjar.

Gubernur berharap apa yang telah dilakukan Korpri Jateng dapat ditularkan kepada kabupaten/ kota lain di Jawa Tengah. Sehingga, pemerintahan yang bersih dan melayani dapat tercipta di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Sementara itu, Ketua DP Korpri Jateng Sri Puryono mengatakan kiatnya menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Kuncinya adalah kebersamaan dan kerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Ke depan kami akan terus berusaha lagi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada publik. Masih ada beberapa kegiatan yang perlu ditingkatkan, misalnya soal advokasi. Selain itu, kesejahteraan kepada pegawai Korpri juga akan kami lakukan, terutama usaha kami memberikan perumahan kepada anggota,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper