Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri LHK Siti Nurbaya: Mari Wujudkan Indonesia Tanpa Sampah

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Indonesia bebas dari sampah dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menghadiri deklarasi gerakan Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah! di  areal hutan Kompleks Kementerian LHK atau Arboretum Manggalawanabhakti, Sabtu malam (20/1/2018)./Dok. KLHK
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menghadiri deklarasi gerakan Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah! di areal hutan Kompleks Kementerian LHK atau Arboretum Manggalawanabhakti, Sabtu malam (20/1/2018)./Dok. KLHK

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Indonesia bebas dari sampah dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Menurutnya, Indonesia tanpa sampah akan terwujud jika masyarakat memiliki komitmen dan melakukan langkah sinergi berkelanjutan.

Harapan sekaligus ajakan dari Menteri LHK ini dikemukakan saat bersama para aktivis, komunitas, public figure, serta Duta Peduli Sampah Jefri Nichols (pemeran dalam film Surat untuk Starla) mencanangkan deklarasi gerakan “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah!”, di  areal hutan Kompleks Kementerian LHK atau Arboretum Manggalawanabhakti, Sabtu malam (20/1/2018).

Siti mengungkapkan berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah antara lain membentuk UU 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Selain itu juga diselenggarakan berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Dialog yang digelar dengan format serius tapi santai ini membahas beberapa hal pokok yaitu zero waste adventure, bersih pantai dan laut, Citarum harum, pelarangan kantong belanja plastik, dan less waste event.

Siti yakin gerakan yang dideklarasikan dan akan dilaksanakan selama tiga bulan ke depan akan berhasil. “Kita wujudkan Indonesia bersih sampah, kita kurangi sampah dari kita, kita bersihkan sampah sekitar kita, kita wujudkan budaya bersih,” ujar Siti sambil mengajak mengampanyekan gerakan ini di media sosial melalui hastag #BersihBisaKok.

Deklarasi Gerakan “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah!” ini merupakan awal dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Siti berharap HPSN ini sebagai tonggak awal perubahan dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dari sampah.

Untuk itu, dalam menyongsong HPSN 2018 akan dilakukan dua kegiatan utama, yakni “Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS)” yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” yang dilaksanakan sejak 21 Januari 2018-21 April 2018 dan puncak peringatan HPSN 2018 akan dilaksanakan pada 21 Februari 2018.

Siti menambahkan TBBS selain merupakan salah satu langkah mewujudkan pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada 2025 (Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah)  juga diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan serta membentuk green leadership yang andal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper