Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati HUT ke 56, Bank Jateng Dukung Program Pengentasan Kemiskinan

Bank Jateng juga menggerakkan sektor riil dengan bantuan kredit sehingga otomatis menyerap tenaga kerja.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Bupati Purworejo, Agus Bastian (tengah) berfoto bersama perwakilan penerima bantuan di Pendopo Kabupaten Purworejo./Ist
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Bupati Purworejo, Agus Bastian (tengah) berfoto bersama perwakilan penerima bantuan di Pendopo Kabupaten Purworejo./Ist

Bisnis.com, PURWOREJO – Perusahaan daerah Bank Jateng yang memasuki usia ke-56 tahun per 6 April 2019 berkomitmen turut mendukung pengentasan kemiskinan dan pengangguran melalui bantuan sosial langsung.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno di sela-sela acara Silaturahmi Gubernur Jawa Tengah dengan Penerima Bantuan Tahun 2018 -2019 dan Penyerahan Bantuan Gubernur Tahun 2019 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (6/4/2019).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan penerima. Bantuan tersebut antara lain berupa dana pembenahan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kartu Jateng Sejahtera, Kartu Jateng Sehat, dan bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Supriyatno memaparkan, untuk bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan totalnya mencapai Rp2,01 miliar bagi 120.000 pekerja rentan atau masing-masing Rp16.800 per orang. Rinciannya, buruh 8.000 orang, buruh harian lepas 24.729 orang, nelayan 15.489 orang, pedagang 10.000 orang, petani 9.000 orang dan wiraswasta 52.781 orang.

''Penerima bantuan program BPJS ini tersebar di 11 Kabupaten/Kota antara lain Cilacap, Klaten, Semarang, Ungaran, Kudus dan Pekalongan. Bank Jateng sebagai agen pembangunan, ikut serta mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu atau tidak mampu untuk pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran,” kata Supriyatno melalui siaran persnya Minggu (7/4/2019).

Sementara dalam dalam program bantuan dari pemerintah provinsi Jateng, Bank Jateng turut berkontribusi. Antara lain bantuan RTLH sebesar Rp10 juta bagi warga yang rumahnya belum layak huni, serta bantuan untuk pendidikan SD dan madrasah ibtidaiyah masing-masing Rp2,5 juta. Selain itu juga bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi 500 tenaga kerja informal di Purworejo.

“Itu merupakan program dari pemerintah yang sinkron dengan Bank Jateng yang berkontribusi memberikan bantuan dari dana sosial Bank Jateng dan ada juga yang sumbernya dari kredit Mitra Jateng 25,” tuturnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga menggerakkan sektor riil dengan bantuan kredit sehingga otomatis menyerap tenaga kerja. “Terkait bantuan RTLH, juga untuk mengentaskan kemiskinan, itu salah satu program Bank Jateng selaku agen pembangunan,” tambahnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, bantuan yang telah dialokasikan untuk Purworejo pada 2018 lalu secara keseluruhan mencapai Rp180,7 miliar. Sedangkan 2019 ini, setidaknya yang sudah tersalur Rp47 miliar, dan penyaluran masih berjalan. Pada kesempatan itu Gubernur juga mengapresiasi Bank Jateng yang telah berkontribusi dalam pembangunan.

“Beberapa bantuan ini dengan satu harapan, masyarakat yang ada di Purworejo kita harapkan segera cepat makmur. Saya juga senang sudah diberitahu Pak Bupati, sudah banyak yang kemudian setelah mendapat perlakuan-perlakuan (bantuan) ini bisa naik kelas, sudah lulus dari kemiskinan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Purworejo, Agus Bastian mengatakan, berbagai bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, memang masih sangat dibutuhkan bagi Purworejo. Terlebih menyongsong perkembangan aktual wilayah, antara lain terkait keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

“Oleh karena itu, ke depan kami berharap adanya peningkatan dana Bantuan Gubernur yang diberikan kepada Kabupaten Purworejo, utamanya dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan infrastruktur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler