Jelang PPDB 2019 di Sleman, Ratusan Warga Urus Administrasi Kependudukan

Ratusan warga memadati Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Jumat (14/6/2019). Mereka bermaksud mengurus legalisir berkas-berkas untuk keperluan persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, yang akan dimulai pada akhir Juni nanti.
Yogi Anugrah
Yogi Anugrah - Bisnis.com 15 Juni 2019  |  18:02 WIB
Jelang PPDB 2019 di Sleman, Ratusan Warga Urus Administrasi Kependudukan
Masyarakat sedang mengantri untuk dilayani petugas di Kantor Disdukcapil Sleman, Jumat (14/6/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah.

Bisnis.com, SLEMAN - Ratusan warga memadati  Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Jumat (14/6/2019). Mereka bermaksud mengurus legalisir berkas-berkas untuk keperluan persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, yang akan dimulai pada akhir Juni nanti.

Pantauan Harianjogja.com, Kantor Disdukcapil Sleman ramai didatangi warga, hingga siang hari, mereka masih tampak mengantri untuk dilayani petugas. “Peningkatan jumlah pemohon untuk legalisir sudah terjadi sejak sebelum Lebaran. Kemarin saat cuti Lebaran permohonan untuk legalisir cukup banyak. Bahkan setiap harinya rata-rata ada 600-an pemohon," kata Kepala Disdukcapil Sleman, Jazim Sumirat saat ditemui di kantornya, Jumat (14/6/2019).

Menurut dia, salah satu penyebab meningkatnya pengajuan permohonan legalisir dikarenakan sebagai syarat untuk mendaftar sekolah ditingkat TK, SD, maupun  SMP. Dimana dalam persyaratan PPDB, foto kopi akta kelahiran dan KK yang telah dilegalisir.

“Masyarakat pemohon legalisir sudah mulai mengantri sejak pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB. Untuk syarat, pemohon wajib membawa KK atau akta kelahiran yang asli,” ujar dia

Agar semua permohonan untuk legalisir terlayani, kata dia, pihaknya menambah jumlah staf dan juga memberlakukan shift agar pelayanan tidak terputus. “Kami perkirakan peningkatan permohonan legalisir ini sampai awal Juli atau PPDB selesai," ucap dia.

Salah seorang pemohon, Desi, warga Depok, mengatakan, meskipun antrian cukup panjang,  dalam waktu satu jam, ia sudah selesai dilayani oleh petugas. “Pelayanannya cukup bagus sehingga legalisir bisa lebih cepat. Saya mengajukan legalisir akta kelahiran dan KK sebagai syarat untuk mendaftar anak masuk SMP,” ujar dia.

Sekadar informasi, dikutip dari website resmi Dinas Pendidikan Sleman,  PPDB untuk tingkat SD dimulai tanggal 20-25 Juni 2019. Sedangkan untuk pengumpulan berkas pendaftaran dijadwalkan tanggal 24, 25, dan 26 Juni 2019.

Bagi calon siswa kelas 7 SMP, pendaftaran PPDB online akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni – 2 Juli 2019. Sedangkan untuk pengumpulan berkas pendaftaran akan berlangsung pada tanggal 1, 2, dan 3 Juli 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sleman, PPDB Online

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top