Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Republik Cheska Minati Proyek Kereta YIA—Borobudur

Pemerintah Republik Cheska berkeinginan menggandeng Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di bidang transportasi yakni mendukung konektivitas transportasi dari dan ke bandara baru yakni Yogyakarta International Airport (YIA).
Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta./Bisnis-Rinaldi M. Azka
Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta./Bisnis-Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Republik Cheska berkeinginan menggandeng Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di bidang transportasi yakni mendukung konektivitas transportasi dari dan ke bandara baru yakni Yogyakarta International Airport (YIA).

Dikutip dari siaran resmi Pemprov DIY, Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan pertemuan dengan Sekretaris Negara Menteri Urusan Luar Negeri Republik Cheska Miloslav Stasek pada Senin (9/12/2019) di Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Sri Sultan mengungkapkan kerja sama dalam hal transportasi ini akan dilakukan oleh beberapa perusahaan asal Cheska yang terkait dengan kereta.

“Kerja sama ini sudah terkonsolidadi dan akan dilakukan dengan PT KAI [Kereta Api Indonesia]. Namun, memang lokasi kerja sama ada di Jogja. Pertama, akan ada kereta yang menghubungkan bandara dengan Kota Yogyakarta, kedua, bandara dengan objek wisata Borobudur,” paparnya.

Sri Sultan mengatakan pembicaraan terkait kerja sama di bidang transportasi ini sudah diinisiasi sejak tahun lalu. Pihak PT KAI juga sudah melakukan pengecekan.

Nantinya, kereta menghubungkan bandara dengan Kota Yogyakarta adalah model kereta dari Cheska yang berstandar Jerman, tetapi dengan harga lebih murah.

Sementara itu, Miloslav Stasek mengatakan kedatangannya untuk bertemu dengan Gubernur DIY ialah membicarakan potensi yang bisa dikerjasamakan antara DIY dan Republik Cheska.

Dalam hal ini bidang yang menjadi sasaran kerja sama ialah transportasi yakni penyediaan kereta sebagai pilihan transportasi terbaik untuk menghubungkan beberapa tempat di DIY.

“Sudah ada pembicaraan untuk kami ikut berpartisipasi terkait konektivitas yang menghubungkan antara bandara yang baru dengan Kota Yogyakarta, serta bandara dengan Borobudur dan sudah ada minat yang ditunjukkan beberapa perusahaan Cheska untuk kerja sama ini,” paparnya.

Stasek juga mengungkapkan pihaknya berdiskusi terkait penyediaan transportasi bagi warga Cheska untuk ke Yogyakarta. Dengan adanya jalur penerbangan dari Cheska ke Yogyakarta, dia berharap tidak hanya warga Cheska yang terfasilitasi, tapi juga warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Cheska.

“Bagi kami Yogyakarta merupakan daerah pariwisata utama, sehingga harus dipikirkan pula kedatangan turis asal Cheska. Karena itu, kami juga mendiskusikan membuka penerbangan langsung dari Cheska,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper