Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musyawarah Pembangunan, Karimunjawa Minta Dermaga dan Kapal Ambulans

Usulan dari Parang, desa yang berada di satu pulau yang berjarak sekitar 11 Mil atau 2 jam dari Pulau Karimunjawa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan paparan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) di Pendapa Kabupaten Jepara./k28
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan paparan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) di Pendapa Kabupaten Jepara./k28

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berdialog dengan warga Desa Parang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) Jawa Tengah, tahun ini. Dialog itu dilakukan melalui teleconference untuk menyerap aspirasi hingga di daerah terpencil.

Musrenbangwil Wanarakuti-Banglor meliputi Juwana, Jepara, Kudus, Pati dan Rembang, Blora dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Jepara, Selasa (10/3/2020).

Parang sendiri merupakan desa yang berada di satu pulau yang berjarak sekitar 11 Mil atau 2 jam dari Pulau Karimunjawa. Saat ini, Desa Parang terdiri dari dua pedukuhan dan berpenduduk sekitar 1.205 jiwa.

Kepala Desa Parang, Muh Zaenal Arifin menyampaikan bahwa pembangunan di desanya membutuhkan anggaran yang tinggi.

"Kita butuh anggaran banyak untuk pembangunan dermaga, Pembangunan embung tadah hujan, penambahan kapasitas listrik, dan juga internet," ujar Zaenal usai ditanya Gubernur soal persoalan besar yang dihadapi Desa Parang.

Zaenal juga menyampaikan, pembangunan yang diusulkan itu nantinya dapat menunjang sejumlah sektor yang lain. Diantaranya ekonomi, wisata, dan sumber daya manusia (SDM).

"Di sini ada wisata seperti wisata batu merah, makanan khas pohong brosok, dan juga hasil kebun kedondong," paparnya.

Usulan lain juga disampiakan Bidan Desa Parang, Susniwati. Ia meminta untuk pengadaan kapal ambulans sebagai sarana pelayanan kesehatan di desanya.

"Kita butuh ambulans laut (kapal ambulans). Iya, itu untuk rujukan jika harus dibawa ke luar Pulau Parang, Pak," katanya.

Susniwati menceritakan, selama ini warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan kapal ambulans terpaksa harus menggunakan kapal nelayan.

"Selama ini pakai kapal kayu, kapal nelayan. Bahkan pernah kita menangani ibu hamil, dan melahirkan di atas kapal," kisahnya.

Andi Wahyu Saputra, seorang siswa SMPN 2 Karimunjawa mengeluhkan minimnya sumber daya pengajar. Selain itu, sekolahnya masih belum memiliki gedung laboratorium komputer.

"Di sekolah kami baru ada 6 guru. Dan, tidak punya laboratorium komputer. Sekarang laboratoriumnya berada di ruang perpustakaan," ucap dia.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berjanji akan membangunkan gedung laboratorium komputer di sekolah tersebut.

"Gedung nanti kita yang bangun. Untuk guru, biar nanti Pak Bupatinya karena SMP dibawah kabupaten," tutur Ganjar melalui siaran persnya.

Sedangkan untuk pembangunan dermaga dan pengadaan ambulans, nanti akan dikoordinasikan berkait besaran anggaran dan lainnya. "Untuk dermaga nanti kita koordinasikan," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler