Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pencairan Bantuan APBD Kota Magelang untuk Covid-19 Terganjal Payung Hukum

Pemerintah Kota Magelang masih memerlukan payung hukum terkait dengan pencairan bantuan APBD Kota Magelang untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kota Magelang masih memerlukan payung hukum terkait dengan pencairan bantuan APBD Kota Magelang untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Pemkot Magelang mengklaim secara teknis bantuan tersebut sudah siap didistribusikan kepada masyarakat penerima bantuan.

“Sebenarnya data [penerima manfaat] sudah siap, tinggal menunggu Kemensos. Kita sudah rapatkan dengan DPRD, tinggal menunggu payung hukumnya,” jelas Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Kamis (30/4/2020).

Sigit mengungkapkan pendataan warga calon penerima manfaat yang dibuat dengan melibatkan RT/RW dan lurah telah valid dan akurat. Tidak hanya itu, lurah juga wajib menyertakan surat pernyataan dan pertanggungjawaban untuk memastikan datanya sesuai fakta di lapangan.

“Kita serahkan ke RT-nya, RW-nya, lurahnya karena mereka lebih tahu. Kita harapkan pandemi ini segera selesai dan masyarakat bisa bahagia lagi,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemkot telah membentuk satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan virus corona (Covid-19) hingga tingkat perkampungan RT dan RW. Untuk bantuan sudah dirumuskan secara keseluruhannya. Ada yang dari jaring pengamanan sosial, Kemensos, APBD.

Sigit menambahkan, bantuan darinya diharapkan mampu menjadi stimulus warga sembari menunggu pencairan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Jaringan Pengaman Sosial (JPS), dan APBD Kota Magelang sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper