Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PO Hotel Semarang Siap Hadapi New Normal

Kebiasaan dan protokol keamanan menghadapi pandemi corona yang telah dilakukan yakni kewajiban memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak (physical distancing),menjadi 3 hal utama protokol new normal di PO Hotel Semarang.
PO Hotel Semarang memperketat seluruh SOP baik untuk karyawan maupun tamu yang sebenarnya telah diterapkan semenjak adanya wabah Covid-19. (Foto: Istimewa)
PO Hotel Semarang memperketat seluruh SOP baik untuk karyawan maupun tamu yang sebenarnya telah diterapkan semenjak adanya wabah Covid-19. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, SEMARANG — Pelaku usaha pariwisata khususnya hotel yang selama ini terdampak sangat parah bersiap menghadapi situasi new normal dan melakukan berbagai persiapan dan  penyesuaian operasional agar selalu terjaga keamanan, kesehatan dan keselamatan baik bagi tamu ataupun staf hotel.

Untuk beradaptasi dengan norma dan ekspektasi baru tersebut, PO Hotel Semarang memperketat seluruh SOP baik untuk karyawan maupun tamu yang sebenarnya telah diterapkan semenjak adanya wabah Covid-19. Manajemen juga memperbarui beberapa SOP dalam rangka mengikuti arahan pemerintah dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Chief Executive Officer Asia, Jacob Lee menjelaskan bahwa PO Hotel selalu memberikan pelatihan–pelatihan ter-update terkait cara–cara yang perlu ditempuh untuk menangani wabah corona kepada seluruh karyawan. “Seluruh bahan–bahan dan peralatan yang dipergunakan juga disesuaikan dengan perkembangan kondisi yang ada,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (31/5/2020).

Kebiasaan-kebiasaan dan protokol keamanan menghadapi pandemi corona yang telah dilakukan sejak awal pandemi yakni kewajiban memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak (physical distancing),menjadi 3 hal utama protokol new normal.

Selain itu, secara berkala dilakukan pembersihan menggunakan cairan disinfektan di area publik di hotel. Pembersihan menggunakan disinfektan juga selalu dilakukan di setiap kamar hotel setelah tamu check-out untuk memastikan keamanan , keselamatan, dan kesehatan para tamu hotel.

Di dalam penerapan new normal, seluruh Head of Department juga harus bertanggung jawab terhadap seluruh kebersihan karyawan dan area tempat mereka bekerja. Mereka harus memastikan budaya hidup bersih selalu dijalankan oleh seluruh karyawan dengan jadwal dan prosedur yang telah ditentukan dengan ketat. Setiap harinya para pimpinan department tersebut harus memberikan laporan kepada General Manager bahkan ke owning company terkait hal ini.      

Jacob Lee menambahkan bahwa perpaduan antara pelaksanaan protokol kesehatan yang sangat baik dengan pelayanan yang super ramah menjadikan PO Hotel Semarang siap untuk berada di lini terdepan perhotelan di Semarang bersama dengan hotel-hotel lain  jika new nbenar-benar sudah diterapkan.

“Kami meyakini bahwa kebiasaan–kebiasaan baik yang telah dilakukan oleh seluruh tim PO Hotel Semarang selama ini bisa menjadi landasan yang kuat  untuk memasuki masa new normal,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper