Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penerbangan Solo-Bali Direncanakan Bertambah

Sebelumnya maskapai tersebut sudah melayani rute Solo-Denpasar namun sempat terhenti karena terjadinya pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  07:18 WIB
Petugas mengoperasikan alat deteksi suhu tubuh, Thermal Scanner, di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Kamis (23/1/2020). - JIBI/Muhammad Ferri Setiawan
Petugas mengoperasikan alat deteksi suhu tubuh, Thermal Scanner, di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Kamis (23/1/2020). - JIBI/Muhammad Ferri Setiawan

Bisnis.com, SOLO - PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta menyatakan rute Solo-Bali akan bertambah menyusul rencana maskapai penerbangan Air Asia yang akan membuka layanan tersebut.

"Kalau sekarang untuk rute ke Denpasar kan baru ada Lion, kemungkinan September Air Asia untuk rute Solo-Denpasar akan mulai lagi," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan di Solo, Minggu (23/8/2020).

Ia mengatakan sebelumnya maskapai tersebut sudah melayani rute Solo-Denpasar namun sempat terhenti karena terjadinya pandemi Covid-19 yang berdampak pada pembatasan aktivitas masyarakat.

"Kalau ke depan ini rutenya akan dilayani setiap hari atau tidak kami belum tahu. Belum ada komunikasi resmi dengan 'Branch Manager'-nya," katanya.

Pihaknya berharap dengan penambahan rute tersebut jumlah penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo Surakarta akan meningkat.

Berdasarkan data, dikatakannya, saat ini jumlah rata-rata penumpang pesawat terbang melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 900 penumpang/hari.

Sementara itu, dikatakannya, sejauh ini bandara tersebut melayani 14 penerbangan, yaitu tujuh penerbangan berangkat dan tujuh datang. Untuk rute yang dilayani, di antaranya Solo-Cengkareng, Solo-Halim Perdanakusuma, Solo-Denpasar, dan Solo-Pontianak.

"Untuk maskapainya, di antaranya ada Nam Air, Citilink, Lion Air," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini untuk "slot time" yang tersedia sebanyak 40. Ia berharap ke depan kondisi kembali normal sehingga rute yang sebelumnya aktif juga kembali beroperasi secara normal.

"Apalagi kalau untuk persyaratan penerbangan sudah berkurang. Sebelumnya kan harus ada surat tugas, sekarang cukup 'rapid test' (tes cepat). Kami juga menyiapkan fasilitas khusus untuk penumpang lanjut usia dan disabilitas," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng bandara adi soemarmo solo

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top