Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Renovasi Pasar Prawirotaman Rampung, Ini Harapan Menteri Basuki

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap konsep pasar yang sudah sesuai dengan Yogyakarta sebagai tujuan wisata dapat menunjang pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.
Tampak depan bangunan Pasar Prawirotaman usai melewati tahap revitalisasi Kementerian PUPR / Siaran Pers Kementerian PUPR
Tampak depan bangunan Pasar Prawirotaman usai melewati tahap revitalisasi Kementerian PUPR / Siaran Pers Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah resmi merampungkan renovasi Pasar Prawirotaman Yogyakarta.

Dengan rampungnya renovasi ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap pasar yang terletak di Jalan Parangtritis, Brontokusuman tersebut dapat menjadi salah satu infrastruktur pendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

"Konsep revitalisasi pasar juga sudah disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan Pemerintah Daerah,” sambung Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Jumat (13/11/2020).

Revitalisasi Pasar Prawirotaman dilakukan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sebagai catatan, proses revitalisasi mulai dikerjakan sejak 15 Oktober 2019 dengan PT Putra Jaya Andalan, salah satu kontraktor lokal, yang dipilih sebagai kontraktor pelaksana serta PT Arss Baru dan PT Wastu Anotama (KSO) sebagai manajemen konstruksi.

Lingkup pekerjaan revitalisasi dilakukan secara menyeluruh dengan anggaran total Rp67,7 miliar. Usai melewati tahapan revitalisasi, pasar tersebut kini terdiri dari 5 lantai dengan kapasitas 619 kios dan los.

Lantai paling bawah (basement) didesain untuk pasar tradisional berupa 4 los dan parkiran berkapasitas kurang lebih 385 unit motor dan 8 mobil. Lantai 1 untuk 13 kios dan 185 los, lantai 2 untuk 265 los, lantai 3 untuk 152 los, dan lantai 4 rencananya bakal dimanfaatkan untuk co-working space, yang pembangunannya turut dibantu oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Meski pembangunan telah rampung, saat ini Pasar Prawirotaman masih dalam tahap sertifikasi untuk mendapat sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) dan sertifikat layak fungsi.

Dilansir Antara, penggunaan bangunan Pasar Prawirotaman tersebut rencananya akan dibuka secara resmi pada 4 Desember. Pasar Prawirotaman di Yogyakarta telah direvitalisasi dari semula berupa bangunan satu lantai menjadi bangunan empat lantai dilengkapi dengan basement untuk keperluan parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper