Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Operasional Sejumlah Mal di Solo Diubah saat Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Pemkot masih melarang anak di bawah usia 15 tahun, ibu hamil, dan orang lanjut usia risiko tinggi memasuki pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan serta tempat hiburan, tempat wisata, dan tempat bermain; dan/atau melakukan kegiatan berkumpul dan melakukan kontak fisik di tempat umum.
Farida Trisnaningtyas
Farida Trisnaningtyas - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  12:55 WIB
Ilustrasi.  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Ilustrasi. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, SOLO — Sejumlah pusat perbelanjaan modern menyesuaikan jam operasional seiring pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Soloraya, yakni menjadi pukul 10.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB.

Jam operasional ini yang membuat mal tutup lebih cepat ini berlaku mulai Senin (11/1/2021). PPKM ini sebagai upaya untuk meminimalkan kasus Covid-19.

Chief Marcom Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, mengatakan pihaknya telah memberitahukan kepada tenant maupun seluruh staf terkait perubahan jam operasional mal. Biasanya, mal ini buka pada pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB. Menurutnya, ini mengacu pada surat edaran (SE) Wali Kota Solo.

“Iya, per Senin kami tutup lebih awal. Kami sudah sampaikan ke semua pihak seperti tenant dan para staf. Kami ikut saja peraturan pemerintah, apapun keputusannya. Kalau keberatan iya, tapi bukan berarti apa, tapi kami menyayangkan ini pasti berdampak pada banyaknya pengurangan tenaga kerja, efisiensi tenaga kerja, karena tenant mempekerjakan staf sesuai shift. Kalau ada pengurangan jam kerja otomatis ada pengurangan tenaga,” kata dia, kepada JIBI Minggu (10/1/2021).

Hal serupa diungkapkan Public Relations Solo Grand Mall (SGM), Ni Wayan Ratrina. Ia mengatakan manajemen SGM memutuskan menyesuaikan jam operasional mal selama pelaksanaan PPKM skala Jawa - Bali pada 11 - 25 Januari 2021.

“Kami juga mengumumkannya melalui media sosial kami agar masyarakat tahu jika ada perubahan jam buka dan tutup mal, yakni dari pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB menjadi pukul 10.00 WIB - 19.00 WIB,” ujar perempuan yang akrab disapa Ina tersebut.

Dalam hal ini, mal di Kota Solo juga mesti mematuhi Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Solo.

Pada aturan tersebut, Pemkot masih melarang anak di bawah usia 15 tahun, ibu hamil, dan orang lanjut usia risiko tinggi memasuki pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan serta tempat hiburan, tempat wisata, dan tempat bermain; dan/atau melakukan kegiatan berkumpul dan melakukan kontak fisik di tempat umum.

Sementara itu, The Park Mall di Solo Baru, Sukoharjo, juga mengubah operasional mal. Public Relations The Park Mall, Christina Tri Mawarti, menyebut perubahan tersebut menyesuaikan SE Bupati Sukoharjo yang berlaku mulai 11 Januari 2021, yakni menjadi pukul 10.00 WIB - 19.00 WIB.

“Kami khawatir dampak dari aturan tersebut yang akan berefek pada naiknya tingkat pengangguran. Tenant akan menyesuaikan sif yang pasti berpengaruh pada tenaga kerja mereka,” papar dia.

Berbeda dengan Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo tak pernah mengeluarkan batasan pengunjung tertentu yang boleh ke toko modern. Dalam hal ini, anak-anak semua usia, ibu hamil, maupun orang lanjut usia tak masalah masuk pasar modern atau pun tempat umum lainnya.

“Kalau mal kami biasanya saat hari biasa operasional pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB, saat akhir pekan pukul 10.00 WIB - 22.00 WIB. Sekarang ini pukul 10.00 WIB - 19.00 WIB,” jelas Marcom Hartono Mall Solo Baru, Elfizia Carina.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng Solo
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top