Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM Semarang Bisa Memaksimalkan Potensi Ini Saat Pandemi

Tren pembayaran nontunai, khususnya di masa pandemi, perlu dimanfaatkan pelaku UMKM. Terlebih dengan posisi Semarang sebagai salah satu penyangga ekonomi di Jawa Tengah.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 06 April 2021  |  21:11 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SEMARANG — Peran Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang semakin besar terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Tak hanya menopang kehidupan pelakunya, geliat UMKM juga berdampak positif bagi perekonomian Kota Semarang.

Untuk meningkatkan kontribusi positif tersebut, Pemerintah Kota Semarang terus membuka kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan marketplace digital.

Ada sekitar 300 UMKM [di Kota Semarang] yang disupervisi oleh Shopee untuk [bimbingan] packgaging dan pemasaran online,” jelas Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wakil Wali Kota Semarang, Selasa (6/4/2021).

Ita, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa bimbingan yang diberikan kepada pelaku UMKM tersebut telah memberikan dampak yang positif. “Ini yang sangat-sangat dampaknya luar biasa pada pelaku UMKM,” jelasnya.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition Shopee Pay, mengungkapkan bahwa berdasarkan data statistik, di Jawa Tengah sendiri, ada 4,1 juta UMKM yang beroperasi. Meskipun jumlahnya besar, separuhnya sampai hari ini masih mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran produknya.

Sehingga tujuan Shopee Pay untuk hadir di Kota Semarang ini melalui berbagai program, termasuk Semangat Usaha Lokal dan juga Promo Cashback di seluruh bisnis lokal dan juga di merchant lokal, untuk bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen dan pastinya menambah channel pemasaran melalui Shopee Pay,” jelas Eka.

Program Semangat Usaha Lokal tersebut menawarkan cashback bagi pembeli produk UMKM di Kota Semarang yang menggunakan Shopee Pay sebagai alat pembayarannya. Menurut Eka, program tersebut merupakan salah satu bentuk usaha Shopee dalam memfasilitasi pelaku UMKM yang mulai beralih ke media digital.

Untuk semakin terus berkembang dan semakin terus bertahan dengan bisnisnya, pastinya para pegiat usaha harus selalu melakukan inovasi pada produk dan juga layanannya, selain itu juga terus mengikuti tren apa saja sih yang dibutuhkan konsumennya,” jelas Eka.

Eka mengungkapkan bahwa melalui Shopee mengajak pelaku UMKM di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang, untuk dapat memanfaatkan layanan Shopee Pay tersebut. Usaha tersebut juga dilakukan untuk mendukung pemerataan ekosistem transaksi digital yang aman, mudah, dan menguntungkan.

“Program Semangat Usaha Lokal ini memang tujuannya adalah untuk mendorong lebih banyak pelaku usaha untuk meningkatkan visibility dan menjangkau lebih banyak potensi pasar atau konsumen, jadi diharapkan usahanya bisa bertumbuh lebih besar, apalagi di masa pandemi ini kan kehadiran Semangat Usaha Lokal sangat diharapkan untuk bisa menyokong aktivitas ekonomi para pelaku usaha di berbagai daerah, salah satunya di Kota Semarang,” pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm jateng semarang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top