Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jateng Usulkan Kuota CPNS 525 Orang, Guru P3K Alokasinya 13.482 Orang

Jumlah kuota CPNS yang diajukan Pemprov Jateng itu terbilang sedikit jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Imam Yuda Saputra
Imam Yuda Saputra - Bisnis.com 26 April 2021  |  22:00 WIB
Petugas mempersiapkan komputer untuk penyelenggaraan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS) 2020 di Auditorium Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/1/2020). - Antara/Maulana Surya.
Petugas mempersiapkan komputer untuk penyelenggaraan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS) 2020 di Auditorium Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/1/2020). - Antara/Maulana Surya.

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng telah mengajukan kuota 525 orang untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2022.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Wisnu Zahroh, mengatakan jumlah kuota untuk penerimaan CPNS formasi tahun 2022 itu sudah diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

“Sudah kita ajukan. Tapi, kan biasanya jumlah yang diajukan bisa lebih sedikit dari yang disetujui,” ujar Wisnu kepada JIBI, Senin (26/4/2021).

Kendati demikian, Wisnu mengaku belum tahu pasti kapan penerimaan CPNS formasi 2022 untuk lingkungan Pemprov Jateng bakal dibuka. Ia masih menunggu keputusan resmi dari Kemenpan RB terkait penerimaan CPNS formasi 2022.

“Harapan kami bulan Mei ini sudah dibuka pendaftarannya. Kalau lebih dari itu, tentu waktunya bakal mepet. Kita pasti akan kewalahan,” ungkap Wisnu.

Wisnu mengaku jumlah kuota CPNS yang diajukan Pemprov Jateng itu terbilang sedikit jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya aturan dari pemerintah bahwa penerimaan CPNS tahun ini hanya dibatasi untuk formasi tenaga teknis.

Sementara untuk guru dan tenaga kesehatan akan diarahkan ke penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K bukan CPNS.

“Kalau yang sudah pasti P3K itu untuk penerimaan guru. Sedangkan, tenaga kesehatan masih belum pasti, tapi kemungkinan besar juga diarahkan ke P3K,” jelas Wisnu.

Wisnu menambahkan untuk lowongan P3K guru di Jateng kemungkinan kuotanya mencapai 13.482 orang. Sedangkan untuk tenaga kesehatan mencapai 530 orang.

Rekrutmen P3K tenaga guru dan kesehatan kemungkinan akan dilakukan langsung pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Jadi karena penyelenggaranya langsung dari kementerian, nanti waktu penerimaannya [P3K] berbeda dengan yang CPNS. Untuk CPNS penyelenggaranya pemerintah daerah,” jelas Wisnu.

Wisnu mengatakan untuk rekrutmen tenaga P3K formasi guru dan tenaga kesehatan tahun ini kemungkinan juga tidak digelar secara terbuka.

Rekrutmen kemungkinan diperuntukkan bagi tenaga-tenaga honorer seperti guru tidak tetap (GTT) atau tenaga kesehatan yang saat ini bekerja di badan layanan kesehatan daerah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng CPNS

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top