Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wali Kota Semarang Dapati Uang Pungli di Kelurahan

Sidak yang dilakukan oleh Hendi itu kemudian berbuah pengembalian uang oleh oknum berinisial VV kepada Rachmad Hidayat selaku pelapor dengan nominal sebesar Rp300.000.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2021  |  21:26 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat sidak Kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul. - Istimewa
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat sidak Kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul. - Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan sidak ke kantor Kelurahan Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Kota Semarang Senin (26/4/2021) terkait aduan masyarakat terkait adanya pungutan liar (pungli).

Pungli tersebut diduga dilakukan oleh oknum pegawai Kelurahan Muktiharjo Kidul sebesar Rp300.000. Pungli ditarik oleh oknum tersebut dengan dalih sebagai biaya pengetikan sekaligus kas Kelurahan dan kas Kecamatan.

Hal itu dilakukan Hendi setelah mendapatkan aduan melalui sistem #LaporHendi. Hendi tiba di kantor Kelurahan tersebut sekira pukul 08.00 WIB pagi mencari Lurah setempat memasuki area kantor Kelurahan.

Namun, saat sampai di Kantor Kelurahan, Hendi tidak mendapati Lurah karena belum tiba. Dirinya kemudian masuk ke ruangan Lurah, dan memanggil Sekretaris Lurah untuk meminta keterangan.

"Bu Carik tahu saya ke sini karena apa? Ha? Belum tahu ya?" tanya Hendi kepada Sekretaris Lurah Muktiharjo Kidul yang tampak kebingungan dengan kedatangan Wali Kota Semarang tersebut.

"Saya dapat aduan di sistem Lapor Hendi terkait pelayanan di kantor kelurahan Muktiharjo Kidul. Masih belum tau ya? Pak Lurah mana?" Ucap Hendi kembali mencari Lurah setempat yang sedang ada dalam perjalanan menuju ke kantor.

Setelah Lurah tiba dan dipertemukan Hendi dengan Rachmad Hidayat, orang yang melapor aduan pungli yang dilakukan oleh oknum Kelurahan Muktiharjo Kidul.

Hendi meminta agar oknum yang dimaksud oleh Rachmad diundang oleh Lurah Muktiharjo Kidul ke ruangannya sekaligus mengembalikan uang hasil pungutan liar yang telah diterimanya.

Sidak yang dilakukan oleh Hendi itu kemudian berbuah pengembalian uang oleh oknum berinisial VV kepada Rachmad Hidayat selaku pelapor dengan nominal sebesar Rp300.000.

Rachmad Hidayat mengapresiasi respons cepat Hendi yang turun langsung merespon aduan yang masuk ke sistem #LaporHendi. Dirinya mengaku menaruh harapan besar kepada sistem Lapor Hendi untuk menghilangkan praktik pungli di Kota Semarang.

"Jadi tadi saya sudah bertemu Pak Wali, uang saya juga sudah dikembalikan, Alhamdulillah sistem Lapor Hendi tersebut merespon cepat aduan saya, jadi apresiasi setinggi-tingginya saya berikan, terkhusus untuk Mas Hendi yang turun langsung untuk cek lapangan, dan berusaha agar kejadian serupa tidak terulang," ucap Rachmad. (k28)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang hendrar prihadi

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top