Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyekatan Pemudik di Brebes, Mobil Boks dan Jalur Tikus Diwaspadai

Disiapkan dukungan tes antigen agar yang melintas bisa dites.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, BREBES - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di pintu masuk utama Jawa Tengah via darat, yakni exit tol Pejagan dan perbatasan Kecipir Losari Brebes, Selasa (4/5/2021).

Di dua tempat itu, Ganjar meminta petugas memastikan pengetatan larangan mudik benar-benar dilakukan.

Didampingi Wakil Bupati Brebes, Kapolres, Dandim dan jajaran pemangku kepentingan lainnya, Ganjar mengecek satu persatu persiapan penyekatan pemudik baik di exit tol Pejagan maupun di jalur pantura perbatasan Brebes-Cirebon di Losari.

Ia meminta semua petugas siap, karena diprediksikan puncak arus mudik akan terjadi pada malam ini atau besok hari.

"Perkiraan saya malam nanti atau besok adalah puncaknya. Maka saya ngecek untuk memastikan kesiapannya. Mudah-mudahan masyarakat tidak mudik dan semua mengikuti ketentuan pemerintah agar lebih aman," kata Ganjar melalui siaran persnya.

Saat ini lanjut dia, semua petugas baik TNI/Polri dan Pemda diminta siap-siap. Seluruh pintu masuk ke Jawa Tengah harus dijaga secara berlapis-lapis untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dari luar daerah.

"Saya minta Pemkab mewaspadai dan menjaga jalur tikus, jalur jangkrik bahkan jalur cacing. Nanti kami siapkan dukungan tes antigen agar yang melintas bisa dites," tegasnya.

Selain itu, Ganjar juga meminta petugas kepolisian mengantisipasi modus-modus masyarakat dengan adanya larangan mudik ini. Mudik menggunakan kendaraan plat hitam, mobil boks bermuatan barang dan modus lainnya.

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto menerangkan, penyekatan di exit tol Pejagan dan di Kecipir-Losari akan dilakukan dengan ketat. Semua kendaraan dari Jakarta yang hendak masuk ke Jateng akan diisolir di tempat yang disediakan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kendaraan dari Jakarta, 500 meter sebelum masuk exit tol Pejagan atau Kecipir akan dikanalisasi. Truk logistik, alat kesehatan langsung ke arah Semarang, sementara mobil penumpang dan pribadi akan diperiksa. Kalau melanggar atau ada pemudik yang tidak membawa kelengkapan, maka akan langsung diminta putar balik," jelasnya.

Lebih lanjut Gatot menerangkan, pihaknya juga telah menginventarisasi jalan-jalan tikus yang kemungkinan akan dilewati pemudik. Jalan-jalan itu juga akan dilakukan penjagaan.

"Kami lakukan pengetatan, untuk masyarakat lokal kami persilahkan, tapi pemudik apalagi yang tidak memiliki syarat kelengkapan, akan kami minta putar balik," pungkasnya.

Sebelum mengecek exit tol Pejagan dan perbatasan Losari Brebes, Ganjar hari ini juga menyempatkan diri mengecek penyekatan di pintu tol Kalikangkung, rest area Batang dan juga rest area Brebes. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper