Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seorang Pemudik Kudus Positif Covid-19 saat Tes Cepat Antigen

Pemerintah desa juga akan membantu kebutuhan pokok selama yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Mei 2021  |  10:35 WIB
Ilustrasi. - Antara/Fikri Yusuf.
Ilustrasi. - Antara/Fikri Yusuf.

Bisnis.com, KUDUS - Hasil tes cepat antigen dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terhadap seorang perantau dari Kalimantan, menunjukkan positif sehingga dilakukan tindak lanjut berupa tes usap, untuk memastikan yang bersangkutan terpapar Covid-19 atau tidak.

"Pemudik tersebut yang merupakan warga Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus, saat pulang pada pekan ini memang memiliki gejala meriang dan demam," kata Kepala Desa Gulang Aris Subhkan di Kudus, Jumat (7/5/2021).

Selanjutnya, pemudik diminta tes cepat antigen hari ini dengan hasilnya diketahui positif, kemudian ditindaklanjuti dengan tes usap.

Saat ini, kata dia, pemudik isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil tes usap. Jika hasilnya positif dan perlu perawatan akan ditindaklanjuti dengan perawatan di fasilitas kesehatan, sebaliknya jika negatif akan diminta isolasi mandiri.

Pemerintah desa, kata dia, juga akan membantu kebutuhan pokok selama yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri.

Hingga saat ini, imbuhnya, sudah ada lima pemudik pulang ke Desa Gulang, namun dari hasil tes cepat antigen empat di antaranya negatif dan satu positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo menegaskan bahwa belum ada laporan pemudik yang dinyatakan positif Covid-19. Kasus di Desa Gulang merupakan hasil penelusuran kontak erat.

"Kalaupun ada temuan kasus dan tanpa gejala, sudah disiapkan tempat isolasi di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Bakalan Krapyak dan asrama di RSUD Loekmono Hadi Kudus," ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada pemudik isolasi di rusunawa, sedangkan tim medis yang disiapkan setiap sif ada tiga orang, satu di antaranya dokter. Oleh karena belum ada yang menjalani isolasi, maka di tempat itu belum ada petugas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng kudus

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top