Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Semarang Resmi Mengoperasikan Robot untuk Layanan Publik

Hari ini robot sudah banyak digunakan di dunia, termasuk di Kota Semarang.
Wali Kota Semarang Hendar Prihadi mengamati robot layanan publik./Ist-Undip
Wali Kota Semarang Hendar Prihadi mengamati robot layanan publik./Ist-Undip

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang resmi mengoperasikan robot layanan publik dan robot layanan kesehatan serta penjerih udara, Senin (10/5/2021).

Robot-robot tersebut merupakan kreasi Tim Universitas Diponegoro (Undip) dan dihibahkan ke pemkot. Robot generasi ketiga ini diklaim memiliki kinerja lebih baik dari versi sebelumnya.

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama mengatakan prototipe tersebut merupakan hasil pengembangan robot yang dilakukan oleh Undip seperti robot wisuda.

“Ini (bentuk) komitmen kami untuk membantu Pemerintah Kota Semarang lebih hebat lagi," ujarnya dikutip dari publikasi Undip, Selasa (11/5/2021).

Wali Kota Semarang Hendar Prihadi menyambut baik upaya Undip membantu Pemerintah Kota Semarang khususnya terkait pelayanan publik melalui pengembangan teknologi digitalisasi sekarang ini.

“Hari ini robot sudah banyak digunakan di dunia, termasuk di Kota Semarang. Kami sudah menggunakan robot untuk hal-hal yang sifatnya membantu pelayanan publik,” ungkap Hendi.

Keberadaan robot dalam pelayanan masyarakat, kata dia, sangat membantu. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 dimana orang enggan bersentuhan.

Jadi metode robot hasil riset teman-teman Undip ini bisa dipakai untuk salah satu bentuk pelayanan publik dan meminimalisir pelayanan kontak sentuhan secara langsung kepada masyarakat.

Mengenai “penugasan” robot hibah dari Undip, satu robot pelayanan publik akan di tempatkan di Lobi Kantor Wali Kota. “Karena tempat ini banyak orang datang mengajukan proposal, supaya mengurangi kontak langsung kita pakai robot.”

Lalu satu lagi di tempatkan di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang, tempat dimana banyak orang mengajukan izin. Sedangkan Robot Layanan Kesehatan akan di tempatkan di Rumah Sakit Wongsonegoro Kota Semarang untuk mendukung pelayanan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Undip dan Instagram
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper