Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh Pasar dan Minimarket di Sukoharjo Tutup, Ini Jadwalnya

Sejak Sabtu dan hari ini seluruh pasar tutup. Begitu juga dengan swalayan yang ada di Sukoharjo tutup.
Situasi pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo tutup mengikuti Gerakan di Rumah Saja pada Sabtu dan Minggu./Istimewa
Situasi pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo tutup mengikuti Gerakan di Rumah Saja pada Sabtu dan Minggu./Istimewa

Bisnis.com, SUKOHARJO - Seluruh pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo ditutup pada tanggal 10, 11, 17 dan 18 Juli.

Penutupan aktivitas pasar tradisional ini mengacu pada surat edaran (SE) Bupati Sukoharjo Nomor 400/2124/2021 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan Gerakan Sukoharjo di Rumah Saja dalam masa PPKM Darurat Covid-19.

Sektor esensial lain juga mengikuti kebijakan tersebut di antaranya Lottemart Solo Baru, Mitra Swalayan Triyagan, Mitra Swalayan Kartasura, Mitra Swalayan Sukoharjo, Laris Toserba dan Swalayan Sukoharjo, Transmart Carrefour Solo Baru, Transmart Pabelan, Assalam Hypermarket dan Indomaret se-Kabupaten Sukoharjo. Pasar tradisional maupun swalayan akan buka kembali pada Senin-Jumat.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Iwan Setiyono mengatakan penutupan pasar tradisional dan swalayan dilakukan selama Sabtu dan Minggu menindaklanjuti instruksi Bupati Nomor 3 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo. Selain itu pula Surat Edaran Bupati terkait Gerakan Sukoharjo Dirumah Saja.

“Sejak Sabtu dan hari ini seluruh pasar tutup. Begitu juga dengan swalayan yang ada di Sukoharjo tutup,” kata dia kepada JIBI, Minggu (11/7/2021).

Sosialisasi terkait penutupan aktivitas pasar telah dilakukan kepada seluruh pedagang dan pengelola swalayan. Penutupan hanya pada Sabtu dan Minggu karena tingginya kasus Covid-19. Selain itu dilakukan sebagai upaya mencegah kerumunan dan mendukung program Sukoharjo Dirumah Saja. “Kami berharap masyarakat bisa memahami kondisi saat ini,” katanya.

Iwan menuturkan mayoritas pengelola swalayan telah membuka layanan pembelian secara online. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan pembelian secara online. Seperti Lottemart Solo Baru, Transmart Carrefour Solo Baru dan Transmart Pabelan. Dikatakannya aktivitas ekonomi akan dibuka kembali pada Senin.

Lurah Pasar Ir Soekarno Widadi mengatakan telah memasang spanduk informasi mengenai penutupan pasar pada Sabtu dan Minggu. Selain itu juga menempatkan sejumlah petugas di lingkungan pasar untuk melakukan pengawasan dan memastikan bahwa tidak aktivitas jual beli di hari tersebut.

“Penutupan pasar dilakukan di seluruh Sukoharjo mendukung gerakan Sukoharjo Dirumah Saja pada Sabtu dan Minggu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper