Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demak Jalur Transit Rokok Ilegal, Ini Strategi Memerangi

Rokok ilegal kebanyakan merupakan produksi lokal.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  14:01 WIB
Demak Jalur Transit Rokok Ilegal, Ini Strategi Memerangi
Rokok ilegal temuan di Demak.
Bagikan

Bisnis.com, DEMAK - Kabupaten Demak sebagai salah satu penerima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) melaksanakan program gempur rokok ilegal secara berkelanjutan.

"Satpol PP harus bergerak di garda terdepan dalam pemberantasan rokok ilegal," kata Kepala Seksi Penegakan Perda, Satpol PP Demak, Sardi Teong Jumat (30/7/2021)

Teong menjelaskan, Kabupaten Demak merupakan jalur transit sehingga peredaran rokok ilegalnya cukup besar, terutama ada beberapa produsen rokok ilegal di wilayah perbatasan.

"Kami selalu koordinasi dengan Pemda dan instansi lain, dimana untuk melakukan pendeteksian dari hulu ke hilir dalam peredaran rokok ilegal," ujarnya.

Teong menambahkan, rokok ilegal kebanyakan merupakan produksi lokal.

"Kami menemukan rokok ilegal di warung-warung di Demak, biasnaya di warung-warung kecil di Kecamatan Sayung, Guntur, Wedung, Bonang. Biasanya namanya beda tipis misalnya Sukun jadi Dukun namun sekilas bisa sama," terangnya.

Dia menjelaskan bahwa biasanya perokok karakteristiknya yang penting ngebul atau asal keluar asapnya. Sehingga, menurutnya kadang tidak memahami ilegal atau legal terlebih ada pilihan yang murah.

Untuk itu pihaknya melakukan yustisi dengan menyasar ke seluruh wilayah di Demak, dalam setiap bulannya melakukan penindakan bersama Bea Cukai Semarang bisa lima sampai enam kali dalam perbulannya.

"Walau begitu masih banyak ditemukan rokok-rokok ilegal, dan alasannya adalah sistem penjualannya konsinyasi atau jual titip. Sehingga kami tidak menyasar pedagang, tapi kami menyasar para sales yang menitipkan dagangan ke warung," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng demak rokok ilegal
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top