Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demak Jalur Transit Rokok Ilegal, Ini Strategi Memerangi

Rokok ilegal kebanyakan merupakan produksi lokal.
Rokok ilegal temuan di Demak.
Rokok ilegal temuan di Demak.

Bisnis.com, DEMAK - Kabupaten Demak sebagai salah satu penerima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) melaksanakan program gempur rokok ilegal secara berkelanjutan.

"Satpol PP harus bergerak di garda terdepan dalam pemberantasan rokok ilegal," kata Kepala Seksi Penegakan Perda, Satpol PP Demak, Sardi Teong Jumat (30/7/2021)

Teong menjelaskan, Kabupaten Demak merupakan jalur transit sehingga peredaran rokok ilegalnya cukup besar, terutama ada beberapa produsen rokok ilegal di wilayah perbatasan.

"Kami selalu koordinasi dengan Pemda dan instansi lain, dimana untuk melakukan pendeteksian dari hulu ke hilir dalam peredaran rokok ilegal," ujarnya.

Teong menambahkan, rokok ilegal kebanyakan merupakan produksi lokal.

"Kami menemukan rokok ilegal di warung-warung di Demak, biasnaya di warung-warung kecil di Kecamatan Sayung, Guntur, Wedung, Bonang. Biasanya namanya beda tipis misalnya Sukun jadi Dukun namun sekilas bisa sama," terangnya.

Dia menjelaskan bahwa biasanya perokok karakteristiknya yang penting ngebul atau asal keluar asapnya. Sehingga, menurutnya kadang tidak memahami ilegal atau legal terlebih ada pilihan yang murah.

Untuk itu pihaknya melakukan yustisi dengan menyasar ke seluruh wilayah di Demak, dalam setiap bulannya melakukan penindakan bersama Bea Cukai Semarang bisa lima sampai enam kali dalam perbulannya.

"Walau begitu masih banyak ditemukan rokok-rokok ilegal, dan alasannya adalah sistem penjualannya konsinyasi atau jual titip. Sehingga kami tidak menyasar pedagang, tapi kami menyasar para sales yang menitipkan dagangan ke warung," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper