Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

24 Desa di Jateng Lolos 300 Besar Anugerah Wisata Indonesia 2021

Prestasi tersebut memberikan dampak positif untuk memasarkan potensi desa wisata di Jawa Tengah.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 19 Agustus 2021  |  16:32 WIB
24 Desa di Jateng Lolos 300 Besar Anugerah Wisata Indonesia 2021
Wisatawan menikmati embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius di kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. - Antara/Idhad Zakaria
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meloloskan 24 desa wisata di Jawa Tengah sebagai bagian dari 300 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Seperti dikutip dari kemenparekraf.go.id, ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang berprestasi dan memenuhi kriteria penilaian dari Kemenparekraf. Penghargaan tersebut dilaksanakan dengan harapan mampu meningkatkan daya saing desa wisata di tanah air sehingga mampu menjadi destinasi pariwisata kelas dunia.

Riyadi Kurniawan, Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, mengaku senang atas prestasi tersebut. Pasalnya, meskipun baru masuk 300 besar, capaian tersebut dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Jawa Tengah.

“Untuk aspek promosi wisata, pengaruhnya sangat positif. Karena saat ini, pada saat pandemi, pariwisata tiarap dan Kementerian mengadakan kegiatan yang memotret kondisi desa wisata. Secara tidak langsung [penghargaan ini] membantu teman-teman desa wisata dalam mempromosikan potensi yang mereka punya,” jelas Riyadi ketika dihubungi Bisnis, Kamis (19/8/2021).

Sebanyak 24 desa wisata Jawa Tengah yang lolos 300 besar ADWI tahun ini cukup beragam. Menurut Riyadi, tak hanya desa wisata yang telah berkembang dan berpengalaman seperti Desa Wisata Lerep dan Desa Wisata Dieng Kulon yang lolos. Namun, ada pula sejumlah desa wisata yang baru tumbuh.

“Harapan kami, minimal mampu meloloskan setidaknya 6 desa wisata sampai dengan penjaringan di 50 besar. Hal tersebut berdasarkan kategori dan kriteria yang dilombakan,” jelas Riyadi.

Riyadi mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan program khusus untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing desa wisata di Jawa Tengah. “Untuk program khusus memang kita di tahun ini akan menyelenggarakan gelar desa wisata dimana konsepnya digital, dalam arti kita akan mendorong desa wisata untuk membuat konten digital kemudian kita lombakan,” jelasnya.

Di Kabupaten Magelang, ada empat desa wisata yang lolos 300 besar ADWI tahun ini. Desa tersebut adalah Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Karanganyar, Desa Wisata Wanurejo, dan Desa Wisata Tuksongo. Di Kabupaten Banjarnegara, ada Desa Wisata Dieng Kulon dan Desa Wisata Pagak.

Sementara itu, di Kabupaten Semarang dan Kota Semarang, ada Desa Wisata Lerep, Desa Wisata Branjang, Desa Wisata Kandri, dan Desa Wisata Wonolopo yang lolos 300 besar ADWI 2021.

Selain Kabupaten Magelang, Kabupaten dan Kota Semarang, desa wisata di wilayah lain di Jawa Tengah juga lolos 300 besar ADWI. Wilayahnya tersebar di Kabupaten Kendal, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Brebes, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Sragen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata jateng DESA WISATA

Sumber : kemenparekraf.go.id

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top