Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kendal Dorong Pelaku UMKM Tembus Pasar Ekspor

Program pelatihan berkelanjutan digelar untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha guna mencetak eksportir baru yang berkualitas di Kendal.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 06 Oktober 2021  |  23:52 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Nurul Hidayat
Ilustrasi. - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal terus berupaya untuk mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu bersaing di pasar ekspor. Upaya tersebut diwujudkan salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Lembaga Pelayanan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk menggelar pelatihan ekspor.

Acara pelatihan digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kabupaten Kendal pada Rabu (6/10/2021). Kuncahyadi, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Kendal, menjelaskan bahwa program tersebut diadakan untuk meningkatkan kinerja ekspor nasional.

“Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini [dilakukan] untuk memberikan pengetahuan tentang cara memulai ekspor, proses kegiatan ekspor, informasi peluang pasar dan membuka jejaring dengan pelaku usaha lain untuk tujuan ekspor,” jelas Kuncahyadi.

Pelatihan yang diselenggarakan tersebut merupakan kegiatan tahap kedua, dimana sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan secara daring. Pelatihan yang berlangsung secara tatap muka tersebut rencananya bakal berlangsung selama 2 hari ke depan, yaitu pada 6 – 7 Oktober 2021.

Sumhaji, salah seorang narasumber yang hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan bahwa pelatihan ekspor diperlukan untuk membekali pelaku UMKM Kendal dalam mencari calon konsumen. Pemanfaatan teknologi informasi, khususnya internet, berperan penting dalam proses penjaringan tersebut.

“Produk apa yang kita miliki dengan kata kunci itu, selanjutnya kita bisa mencari buyer-nya sesuai dengan ekspor negara tujuan. Contoh, jika negara Eropa yang dituju, maka kita harus mencari marketplace di negara tersebut melalui internet. Baik melalui Facebook dan lain sebagainya,” jelas Sumhaji.

Roedi Soedjoko, Eksekutif Jasa Konsultasi LPEI yang mewakili Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI berharap agar pelatihan tersebut dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM di Kendal.

“Pada kegiatan hari ini, kami mendorong dan terus memotivasi para UMKM di Kabupaten Kendal agar dapat melakukan ekspor, membantu mempromosikan dan mencari buyer beserta logistiknya, sehingga sinergi kerja sama yang dilakukan antara LPEI dan Pemerintah Kabupaten Kendal ini bisa lebih semangat dan tujuan menciptakan ekspor nasional bisa berhasil dengan baik,” jelas Roedi dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kendal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng kendal

Sumber : kendalkab.go.id

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top