Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gegara Ikut Kirab, Anak Bupati Sleman Jatuh dan Terinjak Sapi

Anak Bupati Sleman dilarikan ke rumah sakit akibat terluka terinjak sapi saat mengikuti kirab budaya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 November 2021  |  15:09 WIB
Gegara Ikut Kirab, Anak Bupati Sleman Jatuh dan Terinjak Sapi
Tangkapan layar anak Bupati Sleman saat jatuh dari sapi yang dinaikinya.
Bagikan

Bisnis.com, Yogyakarta - Anak Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Raudi Akmal mengalami luka-luka saat mengikuti prosesi kirab budaya di Desa Bagunkerto Kecamatan Turi, lereng Gunung Merapi pada Minggu (7/11/2021).

Hal itu terjadi karena sapi yang ditungganginya tiba-tiba mengamuk, berloncatan tak karuan lalu berlari kencang tak tentu arah.

Raudi Akmal yang juga anggota DPRD Sleman itu pun langsung terpental ke jalan aspal dan wajahnya sempat ditendang sapi mengamuk itu hingga bercucuran darah.

“Saat prosesi dimulai, kirab budaya itu diikuti puluhan bergodo (prajurit keraton), arak-arakan gunungan, musik gamelan serta dua ekor sapi yang salah satunya dinaiki Raudi Akmal,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Sleman Suparmono, Senin, 8 November 2021.

Suparmono mengatakan dua ekor sapi itu awalnya akan ditempatkan dalam barisan terdepan kirab budaya, tetapi karena ada kekhawatiran sapi bisa stres mendengar suara musik gamelan, sapi-sapi itu diletakkan pada barisan paling belakang kirab.

Saat rombongan kirab sudah mulai berjalan dan akan masuk ke dalam kalurahan, sapi yang awalnya tenang itu dikagetkan dengan gerakan tiba-tiba seorang warga yang akan mengambil foto Raudi Akmal yang sedang menunggangi sapi itu.

“Sapi itu kemudian tampak kaget dan stres sehingga mengamuk dan membuat Raudi Akmal terjatuh ke sisi kanan sapi,” kata dia.

Sapi yang kaget itu kemudian juga melompat-lompat tak karuan dan kakinya ikut menendang wajah Raudi Akmal hingga bercucuran darah.

Raudi Akmal pun langsung mendapatkan pertolongan pertama dari polisi dan masyarakat di lokasi. Dia kemudian langsung dilarikan ke RSUD Murangan Sleman, sedangkan kedua sapi itu lantas berlari kencang berlawanan arah di jalanan desa yang padat oleh warga yang menonton kirab.

Suparmono menuturkan, kirab budaya di Turi lereng Merapi ini memang agenda tahunan yang digelar setiap bulan November.

Selama tiga tahun terakhir, Raudi Akmal juga turut hadir dan terjun langsung dalam prosesi kirab.

“Pada tahun sebelumnya, Raudi Akmal menaiki seekor kuda, berbeda dengan tahun ini yang menggunakan sapi,” kata dia.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan kondisi Raudi Akmal saat ini tengah mendapatkan perawatan intensif di RSUD Murangan karena putra ketiganya tersebut mengalami sejumlah luka dari insiden itu.

"Luka seriusnya di lengan kiri. "Alhamdulilah saat ini sudah ditangani," ungkap Kustini.

Terkait kejadian itu, Kustini menyebutnya sebagai hal yang bisa terjadi pada siapa pun. Dari informasi yang didapatnya, sapi tersebut kaget hingga akhirnya berulah. Apalagi sapi tersebut juga baru pertama kali mengikuti prosesi kirab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sapi

Sumber : Tempo.co

Editor : Setyo Puji Santoso
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top