Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pergerakan Lokal di Jateng saat Nataru Diawasi

Ada sekitar 72 pos pengamanan dengan kekuatan personel hingga 1.700 polisi yang ditugaskan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Desember 2021  |  23:06 WIB
Anggota polisi memeriksa kendaraan yang akan melintas di lokasi penyekatan. Ilustrasi. - Antara/Aswaddy Hamid
Anggota polisi memeriksa kendaraan yang akan melintas di lokasi penyekatan. Ilustrasi. - Antara/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, SEMARANG - Kepolisian akan menyiagakan pos pengamanan (pospam) di berbagai objek wisata yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah saat libur Natal dan akhir tahun.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Iqbal Alqudusy dalam siaran pers di Semarang, Jumat (10/12/2021), mengatakan pendirian pos-pos pengamanan ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat saat libur akhir tahun.

Berbagai objek wisata yang akan mendapat perhatian serius dalam pengamanan tersebut antara lain wisata alam, bahari, budaya, hingga pusat-pusat keramaian.

Menurut dia, ada sekitar 72 pos pengamanan dengan kekuatan personel hingga 1.700 polisi yang ditugaskan.

Ia menjelaskan para polisi yang bertugas nantinya memiliki tanggung jawab untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

"Petugas harus mampu mendisiplinkan para pengunjung objek wisata dalam melaksanakan protokol kesehatan," katanya.

Petugas keamanan, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan satuan tugas di masing-masing wilayah untuk memetakan penguatan penerapan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah akan menetapkan level PPKM berdasarkan asesmen di setiap daerah saat libur Natal dan akhir tahun.

Hal tersebut menggantikan kebijakan sebelumnya tentang penerapan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat libur Natal dan akhir tahun.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno menilai petugas dari berbagai unsur perlu mengantisipasi pergerakan warga di wilayah lokal terkait dengan tidak adanya penyekatan pada libur Natal dan tahun baru.

"Yang perlu diantisipasi pada pergerakan lokal wilayah yang hubungannya tempat-tempat wisata karena meski tidak ada tambahan hari libur, tapi mungkin sudah menjadi kebiasaan saat hari besar agama dan tahun baru semua keluarga berkumpul kemudian berwisata," katanya di Semarang, Jumat (10/12/2021).

Sekda menyebut petugas di lapangan, terutama dari Dinas Perhubungan akan mengaktifkan pos pelayanan dan pengamanan, serta mengantisipasi pergerakan warga di wilayah lokal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng Natal dan Tahun Baru Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top