Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Klaten Tak Gelar Penyekatan pada Momen Nataru

Polisi bakal terus mengedukasi ke seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin menati protokol kesehatan (prokes).
Ponco Suseno
Ponco Suseno - Bisnis.com 11 Desember 2021  |  17:18 WIB
Klaten Tak Gelar Penyekatan pada Momen Nataru
Ilustrasi. - Antara/Umarul Faruq
Bagikan

Bisnis.com, KLATEN — Jajaran Polres Klaten tak akan menggelar penyekatan di Jalan Solo-Jogja wilayah Klaten selama liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Meski demikian, aparat keamanan akan melakukan random sampling tes swab antigen dengan sasaran para pengendara kendaraan yang akan pulang kampung selama momentum Nataru.

Demikian penjelasan Kasatlantas AKP Muhammad Fadhlan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, kepada JIBI, Sabtu (11/12/2021). Dia mengungkapkan sepanjang momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, aparat keamanan akan fokus melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif terkait persebaran kasus Covid-19.

Di antaranya polisi bakal terus mengedukasi ke seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin menati protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

“Kami tak akan melakukan penyekatan selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Tapi, kami akan menyiapkan random sampling tes swab antigen. Di samping itu juga menyiapkan gerai vaksinasi Covid-19. Yang harus diketahui masyarakat saat ini adalah pandemi Covid-19 masih berlangsung. Lebih baik tetap stay at home terlebih dahulu,” kata Fadhlan.

Dia mengatakan random sampling tes swab antigen bakal dilakukan di tiga pospam. Masing-masing berada di Pospam Prambanan, Pospam Alun-alun Klaten, dan Pospam Delanggu. Di samping ketiga pospam itu, pemantauan mobilitas warga di tengah pandemi Covid-19 juga digelar di Stasiun Klaten, Terminal Klaten, objek wisata, dan lainnya.

“Untuk dosis vaksinasi yang kami siapkan masih kami bahas dengan Dokkes Polres Klaten dan Dinkes Klaten,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun JIBI dari Satgas PP Covid-19 Klaten, kondisi Covid-19 di Kabupaten Bersinar telah melandai dalam beberapa waktu terakhir. Saat sekarang, kasus Covid-19 masih ditemukan di Kecamatan Juwiring (satu kasus) dan Kecamatan Tulung (satu kasus). Selebihnya, puluhan kecamatan di Klaten dinyatakan telah bebas dari Covid-19. Seperti diketahui, di Kabupaten Klaten terdapat 26 kecamatan.

“Hari ini [Jumat (10/11/2021)] di Klaten tidak ada penambahan kasus Covid-19. Begitu pula, tak ada pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh,” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, Jumat (10/12/2021).

Cahyono Widodo mengatakan jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten telah menembus angka 34.832 kasus hingga Jumat kemarin. “Dari jumlah kasus kumulatif tersebut, sebanyak dua orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.907 orang dinyatakan telah sembuh. Sebanyak 2.923 orang telah meninggal dunia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng klaten Natal dan Tahun Baru

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top