Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

New Kemukus Bakal Diresmikan Puan Maharani, Begini Pesonanya

New Kemukus itu akan diresmikan Ketua DPR Puan Maharani pada Rabu (27/4/2022).
Tri Rahayu
Tri Rahayu - Bisnis.com 23 April 2022  |  13:22 WIB
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berdialog dengan para pejabat di lokasi prominade New Kemukus untuk mempersiapan peremian objek wisata di Sumberlawang, Sragen, Jumat (22/4/2022). - Istimewa/Diskominfo Sragen.
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berdialog dengan para pejabat di lokasi prominade New Kemukus untuk mempersiapan peremian objek wisata di Sumberlawang, Sragen, Jumat (22/4/2022). - Istimewa/Diskominfo Sragen.

Bisnis.com, SRAGEN — Pengunjung New Kemukus yang terletak di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, diprediksi bisa tembus 15.000 orang pada Lebaran 2022 mendatang. Selama liburan Lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen tak menaikkan tarif masuk ke New Kemukus, yakni tetap Rp5.000/orang.

Penjelasan soal New Kemukus itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen, Yuniarti, saat dihubungi JIBI, Sabtu (23/4/2022).

Dia menerangkan pengunjung New Kemukus pada bulan-bulan awal itu tidak bisa dijadikan patokan karena banyak warga yang euforia penasaran dengan wajah baru yang dibangun dengan dana APBN mencapai Rp48,4 miliar.

“Kami menargetkan jumlah kunjungan saat Lebaran itu bisa capai 15.000 orang. Untuk tiket masuknya tetap sama seusai ketentuan dalam Perda Retribusi. Target pendapatan di New Kemukus pun dinaikkan berlipat-lipat. Ibu Bupati memberi target sampai Rp1 miliar pendapatan pada 2022 ini. Padahal target awal hanya Rp186 juta,” ujarnya.

Rata-rata kunjungan harian di New Kemukus sejak Januari-Maret 2022 mencapai 300-400 orang per hari. Angka kunjungan paling banyak terjadi pada hari libur, Jumat Pon, dan Jumat Kliwon. Target pendapatan asli daerah di New Kemukus itu naik Rp814 juta atau naik 437,63 persen dibandingkan target awal.

Yuniarti menyatakan pihaknya optimistis target pendapatan Rp1 miliar itu bisa tercapai. Yuniarti akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kunjungan. Salah satu strateginya, sebut dia, dengan menggandeng komunitas-komunitas untuk mengisi kegiatan di New Kemukus.

Yuniarti mengungkapkan New Kemukus itu akan diresmikan Ketua DPR Puan Maharani pada Rabu (27/4/2022). Dia menerangkan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Diana Kusumastuti sudah meninjau lokasi New Kemukus bersama Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Jumat (22/4/2022) lalu.

Persiapan peresmian masih terus berjalan. Di Kompleks New Kemukus juga ada museum edukasi. Yuniarti berencana mengisi museum itu dengan barang-barang lawas, seperti payung, langse, gebyok, dan seterusnya.

Pada bagian lain, Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR Diana Kusumastuti bersama Tim Kemen PUPR berkunjung melihat-lihat bangunan hasil revitalisasi di New Kemukus. Ia melihat prominade hingga berjalan sampai ke pendapa makam Pangeran Samodro.

Diana senang dengan hasil pembangunannya dan berharap bangunan baru itu bisa membuat New Kemukus lebih bagus dan lebih terang untuk wisata religi.

“Untuk pengelolaannya diserahkan ke Pemkab Sragen. Investasi yang diberikan pemerintah pusat ini bisa dipelihara dan dikelola dengan baik supaya berkelanjutan. Saya melihat sepintas tanamannya bagus. Kami membangun itu menyesuaikan lingkungan yang ada. Yang tadinya kurang bagus dilihat bisa lebih rapi. Seperti prominade itu dulunya kumuh dan gelap sekarang terang dan bagus,” ujar Diana melalui siaran pers dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen.

Diana berpesan supaya lingkungan di prominade itu ditambahi tanaman-tanaman supaya saat siang hari tidak terlalu panas. Kebersihan toiletnya, ujar dia, juga harus dijaga dengan memanfaatkan dana retribusi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata jateng sragen puan maharani

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top