Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Daging di Solo Masih Lancar

Harga daging kualitas satu di pasar tradisional di Kota Solo, rata-rata dijual Rp130.000/kg hingga Rp135.000/kg.
Seorang pedagang daging sapi melayani pelanggan di Pasar Sidodadi Kleco Solo, Senin (30/5/2022)./Antara-Bambang Dwi Marwoto.
Seorang pedagang daging sapi melayani pelanggan di Pasar Sidodadi Kleco Solo, Senin (30/5/2022)./Antara-Bambang Dwi Marwoto.

Bisnis.com, SOLO - Pasokan daging sapi di Pasar Tradisional Sidodadi Kleco Solo Jawa Tengah, masih lancar dan harga rata-rata dijual stabil selama sepekan ini meski terdapat penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa daerah.

"Persediaan di pasar-pasar tradisional di Solo termasuk Pasar Sidodadi masih relatif cukup dan harga juga dijual stabil, sehingga belum terdampak dengan munculnya PMK terhadap stok," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Surakarta Training Hartanto, di Solo, Senin (30/5/2022).

Harga daging kualitas satu di pasar tradisional di Kota Solo, rata-rata dijual Rp130.000/kg hingga Rp135.000/kg, sedangkan kualitas dua dijual sekitar Rp110.000/kg.

"Kami dari hasil survei persediaan daging sapi kepada lima pedagang sebanyak 0,91 ton, sedangkan kebutuhan sekitar 0,896 ton sehingga masih surplus daging sapi sekitar 0,014 ton. Kami pantau aman-aman saja stok daging sapi di pasar," katanya.

Selain itu, kata dia, soal minyak goreng curah di pasar tradisional di Solo, kini stoknya juga relatif cukup dan harga dijual rata-rata mulai Rp15.500/liter hingga Rp16.000/liter. Minyak goreng premium atau kemasan stok melimpah.

"Kami selalu melakukan pemantau harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok secara rutin di pasar-pasar tradisional di Kota Solo, setiap hari. Kami menjamin stok masih terjaga mencukupi kebutuhan pasar," katanya.

Sementara itu, Sumiatun (50), salah satu pedagang di pasar Sidodadi Kleco Solo mengatakan harga daging sapi rata-rata masih stabil dan adanya PMK belum mempengaruhi pasokan barang ke pasar. Bahkan, permintaan pembeli tetap stabil melayani pelanggan dari pengusaha warung makan.

Namun, Sumiantun mengakui mengurangi pengambilan barang daging sapi selama maraknya PMK. Dirinya biasanya mengambil sekitar 70 kilogram per hari kini hanya 50 kilogram per hari dan harga stabil.

Pedagang lain di pasar yang sama, Hasdi (56) mengatakan harga dan pasokan barang masih lancar meski muncul PMK di daerah-daerah sentra. Hal ini, tidak mempengaruhi permintaan pasar. Hanya saja pedagang banyak yang mengurangi stok dibanding sebelumnya.

"Saya rata- rata bisa menyediakan stok daging sapi 50 kilogram per hari, tetapi kini dikurangi menjadi 40 kilogram per hari," katanya.

Sementara itu, harga barang kebutuhan pokok lainnya di Pasar Sidodadi Kleco Solo, masih stabil dan stok relatif cukup. Harga daging ayam misalnya, dijual Rp34.000/kg, telur Rp27.000/kg, minyak goreng curah dijual Rp16.000/liter, gula pasir Rp13.000/kg, beras Rp10.000/kg hingga Rp12.500/kg tergantung kualitas.

Sedangkan, bawang merah lokal Rp30.000/kg, bawang putih Rp32.000/kg, cabai rawit merah Rp65.000/kg dan cabai besar merah Rp50.000/kg. Persediaan barang di pasar relatif cukup karena pasokan lancar dan stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper