Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG: Super Full Moon Bakal Pengaruhi Ketinggian Pasang Air Laut di Jawa Tengah

Masyarakat di wilayah pesisir Jawa Tengah diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana banjir rob akibat tingginya air pasang.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  12:18 WIB
Dalam sebulan ke depan atau mulai 14 Juni hingga 14 Juli akan terjadi tiga fenomena antariksa yang cukup langka, yaitu: Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon), Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Supermoon), dan Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon). - Dok. BRIN
Dalam sebulan ke depan atau mulai 14 Juni hingga 14 Juli akan terjadi tiga fenomena antariksa yang cukup langka, yaitu: Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon), Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Supermoon), dan Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon). - Dok. BRIN

Bisnis.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi (Stamet) Maritim Tanjung Emas Semarang mengeluarkan peringatan dini terjadinya kenaikan muka air pasang pada 16 – 18 Juni 2022.

“Angin yang berhembus konsisten dengan kecepatan cukup tinggi, hingga 36 km/jam utama di luar Jawa, mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang dengan ketinggian gelombang maksimum mencapai 2.0 meter,” jelas Retno Widyaningsih, Kepala Stamet Maritim Tanjung Emas Semarang, Rabu (15/6/2022).

Retno menjelaskan bahwa citra satelit altimetri menunjukkan anomali pada ketinggian muka air laut. Diprediksikan, hal tersebut bakal meningkatkan potensi terjadinya banjir di wilayah pesisir Jawa Tengah.

“Bersamaan dengan itu, adanya fenomena Super Full Moon yaitu fase bulan purnama yang bersamaan dengan fase pasang air laut tertinggi pada tanggal 14 Juni 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan pasang air laut,” jelas Retno.

Dengan sejumlah hasil pemantauan itu, Stamet Maritim Tanjung Emas Semarang mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat di wilayah pesisir Jawa Tengah selama tiga hari ke depan.

Pada Kamis (16/6/2022), ketinggian air pasang diperkirakan bisa mencapai 100 cm pada pukul 10.00 – 12.00 WIB. Sementara kecepatan angin berkisar di angka 2 – 15 knot. Ada tujuh wilayah pesisir yang perlu waspada antara lain Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, serta Kabupaten Rembang.

Jumat (17/6/2022), ketinggian air pasang diperkirakan mengalami kenaikan 10 cm dibandingkan hari sebelumnya. Dimana kecepatan angin masih berkisar di angka yang sama. Wilayah yang perlu meningkatkan kewaspadaannya masih sama, namun ditambah satu wilayah lagi yaitu Kabupaten Kendal.

Sementara itu, pada  Sabtu (18/6/2022) ketinggian air pasang diperkirakan bakal menyentuh 110 cm pada pukul 11.00 – 14.00 WIB. Tinggi gelombang di wilayah perairan Jepara dan perairan Pati-Rembang, perairan Pekalongan-Kendal, perairan Semarang-Demak berada dalam kategori rendah yaitu 0,5 – 1,25 m.

“Mohon menjadi perhatian bagi masyarakat di wilayah pesisir yang berpotensi terdampak banjir rob untuk dapat diantisipasi. Karena banjir rob dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir,” jelas Retno dalam siaran persnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng BMKG semarang pantura

Sumber : Siaran Pers

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top