Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Penyebab Kerusuhan di Babarsari, Depok, Jogja

Kondisi sosial yang heterogen menjadi penyulut kasus kerusuhan di Babarsari, Depok, Jogja. Sedikitnya, ada 7 motor terbakar saat kasus ini terjadi.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  14:43 WIB
Ini Penyebab Kerusuhan di Babarsari, Depok, Jogja
Ilustrasi kerusuhan di Babarsari, Depok, Sleman, Jogja. Kerusuhan ini terjadi karena ada perselisihan di tengah kondisi yang heterogen./Bloomberg/Getty Images - Stephen Maturen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus kerusuhan yang terjadi di kawasan Babarsari dan Seturan, Depok, Sleman, tidak lepas dari situasi sosial masyarakat tersebut yang heterogen.

Pakar sosiologi kriminal asal UGM, Soeprapto menuturkan bahwa kerusuhan yang terjadi pada Senin (4/7/2022) siang dilatarbelakangi kondisi kawasan Babarsari yang berpenduduk heterogen.

Adapun jumlah penduduk yang berada di kawasan Babarsari, sangat beragam. Mulai dari penduduk kelahiran Jogja, Sumatra, Kalimantan, hingga Indonesia Timur seperti Ambon, Makassar dan Papua.

“Kondisi heterogen ini membuat kawasan ini menjadi rawan konflik, baik konflik antarindividu maupun kelompok. Bahkan yang berawal konflik individu- un bisa berkembang ke konflik kelompok dengan alasan solidaritas kelompok, suku, agama, ras, maupun asal daerah,” seperti dikutip dari Harian Jogja, Senin (4/7).

Saat konflik muncul ke permukaan dan terjadi di ruang publik, teori kerumunan dan teori massa berlaku.

“Sensor norma, budaya, dan nilai sosial melemah, sehingga tindakan orang-orang tidak terbatas pada sifat ekspresif, tetapi juga destruktif atau melakukan perusakan,” kata dia.

Polda DIY memastikan Seturan dan Babarsari Senin sore kemarin sudah kondusif. Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, mengatakan polisi terus memantau lokasi

“Pengamanan tadi siang [kemarin] di Babarsari ini selesai kira-kira jam satu siang, sudah kondusif, sudah lancar kembali. Seturan Babarsari kondusif sampai saat ini,” katanya kepada media saat ditemui di Polda DIY.

Menurutnya, kericuhan Senin siang di Babarsari adalah peristiwa lanjutan dari keributan di tempat karaoke di Caturtunggal, Depok, Sabtu (2/7/2022) dini hari. Buntut peristiwa itu, ada satu kelompok yang mendatangi Polda DIY. Mereka sudah ditemui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda DIY, tetapi belum puas.

“Kemudian menuju ke Babarsari dan merusak,” jelasnya.

Peristiwa ini menyebabkan teras salah satu ruko dan tujuh motor terbakar. Mantan Kapolres Sleman itu meminta semua pihak mempercayakan penanganan kerusuhan ini kepada Polda DIY dan Polres Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jogjakarta kerusuhan yogyakarta
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top