Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Guru di Solo Diajak Manfaatkan Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar

Kemenkominfo mengajak para guru untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 22 Juli 2022  |  15:54 WIB
Guru di Solo Diajak Manfaatkan Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar
Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menggelar webinar Makin Cakap Digital 2022 di Solo dengan tema ‘Teknologi untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar’ pada Rabu (20/7/2022) lalu. 

“Peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat, guna,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam sambutannya. 

Melalui acara tersebut, Kemenkominfo mengajak para guru di Solo untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menunjang proses belajar dan mengajar. Berbagai teknologi bisa dimanfaatkan, mulai aplikasi penunjang pembelajaran daring hingga aplikasi untuk menuangkan materi pendidikan. 

“Semua itu dirangkum secara apik dan berharap agar pandemi yang menerjang pendidikan dan negara Indonesia menjadi akselerator agar teknologi bisa digunakan untuk berbagai proses kehidupan. Utamanya untuk proses pendidikan,” jelas Muzaqi, Dosen Inovatif yang menjadi salah seorang narasumber dalam acara webinar tersebut. 

Media sosial menjadi salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan para guru untuk menunjang proses belajar mengajar. Chelen, Executive Assistant YOT Holding, menyebut penggunaan media sosial seperti YouTube, TikTok, Facebook, hingga Instagram bisa menjadi bentuk pembelajaran yang menyenangkan. 

Chelen juga menyampaikan bahwa pemanfaatan media sosial itu mesti diarahkan dengan positif. Salah satunya dengan membuat batasan waktu penggunaan. Supaya proses pembelajaran bisa berlangsung lebih efektif dan efisien. 

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Solusi Tiket Digital, Rizqi Mulyantara Hidayat Syah, juga memberikan tips pada para guru. Dalam paparannya, Rizqi menyampaikan metode pembuatan presentasi materi pembelajaran supaya lebih menarik.

“Jangan menampilkan semua kalimat sehingga menutupi seluruh slide presentasi atau materinya. Hal ini akan menyebabkan pemirsa atau anak didik yang melihat materi merasa tidak betah dan mudah lelah pada bagian penglihatan,” jelasnya.

 

Sebagai informasi, webinar Makin Cakap Digital 2022 bermaksud untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagi guru dan tenaga pendidik untuk memiliki pengetahuan dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar. Harapannya agar proses belajar mengajar menjadi menarik dan menyenangkan bagi para peserta didiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

siberkreasi jateng

Sumber : Siaran Pers

Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top