Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Tanam Perdana Kelapa Genjah di Sukoharjo, 200.000 Bibit Bakal Dibagikan

Wilayah Solo Raya seperti Sukoharjo, Karanganyar, dan Boyolali jadi lokasi pertama penanaman kelapa genjah.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  16:11 WIB
Jokowi Tanam Perdana Kelapa Genjah di Sukoharjo, 200.000 Bibit Bakal Dibagikan
Presiden Joko Widodo menanam bibit kelapa genjah di Sukoharjo pada Kamis (11/8/2022). - Istimewa/Sekretariat Presiden.
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo mengunjungi wilayah Sukoharjo pada Kamis (11/8/2022) siang. Di lokasi tersebut, presiden turun langsung ke ladang untuk menanam kelapa genjah sebagai penanda dimulainya program Kelapa Genjah Sebar (Kejar) yang jadi bagian dari rangkaian program Perkebunan Merdeka.

Presiden menyebut penanaman bibit kelapa genjah itu diharapkan bakal terlihat hasilnya dalam dua sampai dua setengah tahun mendatang. "Setahun bisa produksi satu pohon bisa 180 buah, yang itu bisa dibuat gula semut, bisa dibuat minyak kelapa, yang juga bisa dijual buahnya untuk minuman segar," jelasnya.

Selain Sukoharjo, program Kejar itu juga bakal dilakukan di dua wilayah Solo Raya lain seperti Boyolali dan Karanganyar. Ditargetkan, 200.000 batang bibit kelapa genjah bisa ditanam secara bertahap di tiga wilayah itu.

"Di Boyolali kita bagi 46.000, di Karanganyar kita bagi 44.000, dan di Sukoharjo 110.000 kelapa genjah. Ini baru dimulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang memang kelapa itu bisa lebih baik akan kita tanami, targetnya kurang lebih satu juta kelapa genjah," jelas Presiden dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Sebagai informasi, kelapa genjah merupakan salah satu jenis kelapa dengan batang yang relatif lebih pendek. Umumnya, pohon kelapa bisa mencapai ketinggian 30 meter per pohon, namun untuk jenis kelapa genjah tingginya hanya 12 meter.

Kelapa genjah sendiri memiliki buah yang lebih kecil dengan berat maksimal 1,5 kilogram per butir. Namun, jika dibandingkan dengan jenis kelapa dalam yang lebih umum, usia siap panen kelapa genjah jauh lebih singkat. Jika kelapa dalam baru bisa dipanen di umur 6-8 tahun, kelapa genjah sudah siap di usia tanam 3-4 tahun.

Selain kelapa genjah, berbagai bibit tanaman pangan lainnya juga bakal ditanam dalam program Perkebunan Merdeka tersebut. Harapannya, langkah tersebut bisa memperkuat ketahanan dalam negeri terhadap ancaman krisis pangan global.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memberikan tambahan bagi pendapatan masyarakat. Seperti yang dijelaskan Presiden, petani kelapa genjah bisa memanfaatkan hasil panennya untuk berbagai kebutuhan. "Kalau nggak nanti dibuatkan industri untuk minyak kelapa dan gula aren," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkab sukoharjo kelapa pangan Jokowi

Sumber : Siaran Pers

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top