Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Olahan Kepala Sapi Karanganyar, Ini Daya Tariknya

Soal rasa, masakan ini cukup memanjakan lidah. Tesktur daging yang empuk dengan paduan bumbu yang pas menghasilkan rasa yang unik.
Akhmad Ludiyanto
Akhmad Ludiyanto - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  11:14 WIB
Olahan Kepala Sapi Karanganyar, Ini Daya Tariknya
Lokasi warung makan Olahan Kepala Sapi di Karangpandan Karanganyar. - JIBI/Akhmad Ludiyanto.
Bagikan

Bisnis.com, KARANGANYAR — Bagi pehobi masakan kepala sapi, rumah makan di Karangpandan, Kabupaten Karanganyar ini bisa disambangi.

Rumah makan bernama Spesial Kepala Sapi Asli ini menyediakan menu berbahan dasar daging dan bagian-bagian di kepala sapi seperti kulit, lidah, pipi, dan lainnya.

Di antaranya gongso kepala sapi, sate sapi, tongseng kepala sapi, dan gulai kepala sapi. Semua menu tersebut disajikan satu porsi makan, bukan kepala sapi utuh.

Soal rasa, masakan ini cukup memanjakan lidah. Tesktur daging yang empuk dengan paduan bumbu yang pas menghasilkan rasa yang unik. Harga per porsi menu-menu di atas juga tidak mahal, yaitu Rp22.000 saja.

Jika berkunjung ke sana bersama keluarga yang tidak suka menu masakan itu, ada menu lain seperti soto. Ada dua pilihan porsi soto yaitu kecil seharga Rp3.000 per porsi dan besar seharga Rp5.000 per porsi.

Sebagai camilan, rumah makan ini juga menyediakan cilok sehat, yaitu cilok yang dibuat dengan penyedap makanan alami. Seporsi cilok ini hanya Rp6.000, baik cilik basah maupun cilok goreng.

Sedangkan minuman yang disediakan untuk menemani makanan juga sangat beragam. Seperti minuman berbahan dasar kelapa muda juga cukup banyak, di antaranya degan panas madu, degan utuh, es degan murni, es degan durian, es degan alpukat, es degan nangka, es degan sirup, hingga es dengan susu. Harga menu minuman kelapa muda mulai Rp5.000 hingga Rp17.000.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Kastini mengaku sering makan di resto tersebut. Baginya, selain masakannya enak, harganya juga pas.

“Saya paling lama dua pekan sekali ke sini. Biasanya sama anak-anak atau sama suami,” ujar warga Ngargoyoso ini saat ditemui Sabtu (1/10/2022).

Menurut dia, masakan yang paling ia sukai di resto tersebut adalah tongsengnya. “Kalau saya paling suka tongseng kepala sapi. Rasanya enak dan dagingnya empuk,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pegawai resto, Rudi Darussalam, mengatakan menu masakan di rumah makan yang didirikan 2018 tersebut adalah semua masakan kepala sapi.

“Karena kami menyediakan masakan spesial kepala sapi, yang paling banyak dipesan di sini juga itu. Yakni masakan gongso sate, tongseng, dan gulai,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner kabupaten karanganyar jateng

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top