Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi & Presiden UEA Resmikan Masjid Sheikh Zayed Solo Hari Ini, Intip Kemewahannya

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diresmikan pada Senin (14/11/2022) oleh Presiden Jokowi dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).
Nugroho Meidinata, Wahyu Prakoso
Nugroho Meidinata, Wahyu Prakoso - Bisnis.com 14 November 2022  |  06:51 WIB
Jokowi & Presiden UEA Resmikan Masjid Sheikh Zayed Solo Hari Ini, Intip Kemewahannya
Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo - Solopos/Wahyu Prakoso
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan diresmikan hari ini, Senin (14/11/2022) oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, masjid ini sengaja dirancang mirip dengan aslinya di Abu Dhabi, Uni Emirat, yakni Sheikh Zayed Grand Mosque.

Melansir dari Solopos, Masjid Raya Sheikh Zayed menelan biaya kurang lebih Rp300 miliar, dimulai dengan peletakan batu pertama pada 6 Maret 2021 lalu.

Masjid ini digadang-gadang menjadi ikon wisata religi di Kota Solo dan bisa digunakan masyarakat untuk beribadah serta berwisata.

Dikutip dari situs resmi Pemkot Solo, Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo dibangun dua lantai dengan luas bangunan utama masjid sekitar 8.000 meter persegi.

Masjid tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, seperti ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, serta basement yang digunakan untuk tempat wudu putra dan putri.

Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga memiliki fasilitas perpustakaan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah sarana edukasi bagi masyarakat.

Selanjutnya ada area terbuka, area VIP dan ruang imam yang tidak terlalu luas, ruang pompa dan water tank.

Menurut rencana, sekitar kompleks Masjid Raya Sheikh Zayed akan dibangun Islamic Center yang nantinya dapat menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam.

Akan didirikan pula TPA, tafsir Al-Qur’an, madrasah, dan juga tempat pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market dalam Islamic Center tersebut.

Imam besar Masjid Sheikh Zayed

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Solo KH Abdul Rozaq Shofawi resmi diangkat menjadi imam besar Masjid Sheikh Zayed.

Selain itu, Wakil Iman besarnya yakni pengasuh Ponpes Al-Quraniy Azzayadiy, KH Abdul Karim Ahmad Al Hafidz atau Gus Karim.

Keduanya ditunjuk langsung oleh Kemenag untuk menjadi pengelola masjid. Kemudian akan ada 20 pengurus masjid yang akan membantu.

Pusat pengajaran Islam di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa berdirinya Masjid Raya ini menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia. Diharapkan pula menjadi pusat pengajaran Islam di Kota Solo. 

"Masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jamaah dan menjadi pusat pengajaran Islam yang rahmatan lil 'aalamin di Kota Solo. Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," tulis Gibran di akun Twitternya pada Minggu (13/11/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masjid Solo

Sumber : Solopos

Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top