Investor Saham di Jateng Ditargetkan Naik 30 Persen

Jumlah investor pada tahun 2022 mencapai 208.666 investor. Angka ini meningkat sebesar 34,3 persen.
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)./Bisnis-Suselo Jati
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)./Bisnis-Suselo Jati

Bisnis.com, SOLO - Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan jumlah investor naik sebesar 30 persen pada tahun ini menyusul edukasi dan sosialisasi yang terus dilakukan kepada masyarakat.

Kepala BEI Jawa Tengah II M Wira Adibrata di Solo, Selasa (17/1/2023) mengatakan selama ini investor didominasi kalangan milenial.

"Kami masih fokuskan di 2023 dari kalangan milenial. Ini jadi edukasi yang sangat baik, pondasi mereka dalam menyusun keuangan. Kebiasaan mengelola keuangan bisa dimulai dari usia mulai jelang matang," katanya.

Dengan demikian, ketika nanti kalangan milenial sudah memiliki penghasilan akan terbiasa dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Pihaknya mencatat untuk jumlah investor pada tahun 2022 mencapai 208.666 investor. Angka ini meningkat sebesar 34,3 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk di wilayah Jawa Tengah II, jumlah investor tertinggi ada di Kota Solo yang mencapai 50.081 orang. Selanjutnya, ada di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 40.564 orang.

"Dari jumlah keseluruhan ini untuk investor milenial masih mendominasi sekitar 59-60 persen. Memang peningkatan jumlah investor cukup banyak dari kalangan milenial," katanya.

Sementara itu, sebagai bagian dari edukasi kepada masyarakat pihaknya masih akan terus menambah jumlah galeri investasi. Ia mengatakan hingga saat ini jumlah galeri investasi di Solo Raya ada 29 galeri.

"Sebelumnya kan ada 25, kemudian tahun 2022 tambah empat galeri. Jadi total ada 29, tahun 2023 ini kami berupaya menambah tiga galeri baru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper