Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Uji Coba Tilang Menggunakan Drone di Kudus, Ini Hasilnya

Penindakan tilang di Kabupaten Kudus untuk saat ini masih memanfaatkan kamera CCTV yang sudah terpasang di sejumlah titik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  13:48 WIB
Uji Coba Tilang Menggunakan Drone di Kudus, Ini Hasilnya
Saat uji coba tilang elektronik atau elektronic traffic law enforecement (ETLE) menggunakan drone Jalan Ramelan Kudus, Jawa Tengah. - Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif
Bagikan

Bisnis.com, KUDUS - Polres Kudus, Jawa Tengah, masih menunggu kebijakan dari Polda Jateng terkait pemberlakuan tilang elektronik atau elektronic traffic law enforecement (Etle) menggunakan drone.

"Untuk sementara ini masih tahap uji coba. Itupun dari Polda Jateng yang melakukannya. Polres Kudus tentunya menunggu kebijakannya nanti, termasuk ketersediaan alatnya," kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo di Kudus, Selasa (17/1/2023).

Penindakan tilang di Kabupaten Kudus, kata dia, untuk saat ini masih memanfaatkan kamera CCTV yang sudah terpasang di sejumlah titik.

Di antaranya, terpasang di Simpang Pentol, Simpang Bejagan, Simpang Tujuh, Simpang Tugu A. Yani dan Simpang Proliman Barongan serta beberapa titik lainnya.

Sepanjang tahun 2022 Satlantas Polres Kudus menindak 24.993 pelanggaran lalu lintas. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih.

Hasil uji coba tilang elektronik menggunakan dua unit drone di Kabupaten Kudus pada Senin (16/1), berlangsung di Jalan Ramelan Kudus.

Setelah dilakukan uji coba sekitar 10 menit, terjaring sembilan pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas.

Kabupaten Kudus menjadi kabupaten ketiga yang menjadi tempat uji coba. Nantinya, semua Polres di wilayah Jateng akan dijadwalkan uji coba tilang pakai drone.

Penggunaan drone menjadi inovasi baru dalam menerapkan kecanggihan teknologi, karena dinilai lebih efektif dalam menjangkau wilayah yang lebih luas.

Sebelumnya pengawasan pelanggaran lalu lintas juga menggunakan kamera statis yang ditempatkan pada tiang di sudut jalan serta menggunakan kamera ponsel yang dioperasikan oleh anggota secara mobile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tilang Elektronik kudus jateng

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top