Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penukaran Uang di Jawa Tengah dan DIY Tembus Rp25 Triliun

Untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya realisasi kebutuhan Idulfitri tahun 2023 adalah sebanyak Rp9,8 triliun
Penukaran uang tunai./Ist
Penukaran uang tunai./Ist

Bisnis.com, SEMARANG — Bank Indonesia telah mengeluarkan uang kartal untuk perbankan di wilayah Jateng & DIY sebanyak Rp25,8 triliun atau sebesar 91 persen dan proyeksi awal Ramadan sebesar Rp28,1 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra menjelaskan bahwa realisasi untuk tahun 2023 ini mengalami peningkatan sebesar 17 persen dibandingkan realisasi investasi tahun 2022 sebesar Rp22,1triliun.

"Sedangkan untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya realisasi kebutuhan Idulfitri tahun 2023 adalah sebanyak Rp9,8 triliun. Jumlah tersebut meningkat sebesar 10 persen dan realisasi tahun 2022 sebesar Rp8,9 triliun," ujarnya, Selasa (18/4/2023).

Ia menjelaskan, jumlah penukar yang dilayani selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 H di 472 titik yang tersebar di wilayah Jateng & DIY sebanyak 282.069 orang.

Sementara wilayah Kota Semarang dan sekitarnya 114 titik (termasuk rest area Ungaran Km 429 dan rest area Salatiga Km 456) sebanyak 113.009 orang.

Menurutnya, BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara nontunai di antaranya QRIS. Sejalan dengan itu, Bl menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran nontunai.

"BI memastikan kesiapan (ketersediaan dan keandalan) sistem dan layanan kritikal Bl untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan nontunai), termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran," ujarnya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper