Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Untung Rugi Ekspor Pasir Laut, Ini Kata Akademisi

Pengelolaan hasil sedimentasi laut perlu hati-hati, mengingat dampaknya tak cuma berisiko bagi kehidupan manusia, tapi juga hewan dan ekologi sekitar.
Kawasan reklamasi laut./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kawasan reklamasi laut./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, SEMARANG - Aturan turunan dari Peraturan Pemerintah No.26/2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut tengah disiapkan dan diperkirakan rampung pada akhir Juni 2023 ini.

Aturan yang disahkan pada 15 Mei 2023 lalu itu bakal mengatur penambangan sedimen laut berupa pasir laut serta material sedimen lainnya. Dalam PP No.26/2023 tersebut, pasir laut yang ditambang dari hasil sedimentasi laut tersebut bakal dimanfaatkan untuk reklamasi di dalam negeri, pembangunan infrastruktur pemerintah, pembangunan prasarana oleh pelaku usaha, serta ekspor.

"Fakta yang terjadi di Jepara, yang sering menimbulkan masalah dengan nelayan itu bukan penyedotan [hasil sedimentasi lautnya]. Tetapi waktu mengangkat dan dimasukkan ke kapal besar, karena hasil [penyedotan] melewati skrining atau penyucian, terjadi kekeruhan yang luar biasa sehingga mengganggu daerah tangkapan nelayan. Makanya ini harus hati-hati," jelas Sutrisno Anggoro, Guru Besar Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan (FKIP) Universitas Diponegoro, Rabu (21/6/2023).

Meskipun menyimpan permasalahan tersendiri, Sutrisno menjelaskan, sedimentasi laut yang dibiarkan juga bakal berpotensi merusak rantai hidup kehidupan biota laut. Oleh karena itu, pengambilan sebagian sedimen di muara sungai perlu dilakukan.

"Kalau yakin kawasan sedimentasi itu menurunkan daya dukung dan daya tampung ya tidak masalah," jelasnya.

Untuk memastikan prinsip kehati-hatian tersebut, Sutrisno menyebut pemerintah perlu menyiapkan regulasi dan petunjuk pelaksanaan yang merinci proses pemanfaatan hasil sedimentasi laut tersebut.

Lebih lanjut, terkait pemanfaatan pasir laut sebagai bahan reklamasi dan komoditas ekspor, Sutrisno menjelaskan bahwa perlu dilakukan kajian lebih lanjut apakah hasil sedimentasi tersebut bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya. Pasalnya, tidak semua hasil sedimentasi laut bisa dimanfaatkan sebagai bahan reklamasi, seperti yang terjadi di Kota Semarang.

"Karena hasil sedimentasi selalu mengalami solidifikasi dan konsolidasi. Sehingga selalu ambles ke bawah. Oleh karena itu, kalau nanti digunakan reklamasi apalagi diekspor, pasti ini kategorinya tidak hasil sedimentasi penuh. Harus ada seleksi dan penyaringan supaya kualitasnya sesuai untuk peruntukannya," jelas Sutrisno.

Isu penambangan dan pemanfaatan pasir laut hasil sedimentasi tersebut memang jadi pembicaraan banyak pihak. Dari sisi pelaku usaha, pemanfaatan pasir laut berpotensi meningkatkan lalu lintas perdagangan yang pada akhirnya bakal memicu geliat di sektor pelayaran dan logistik.

Di sisi lain, penambangan pasir laut juga berpotensi menyisakan masalah baru bagi nelayan-nelayan kecil di pesisir.Terkait hal tersebut, Direktur Jasa Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan Miftahul Huda, menjelaskan bahwa PP No.26/2023 diketok pemerintah bukan dalam konteks melegalkan aktivitas penambangan pasir laut secara ilegal.

Menurut Huda, secara prinsip, peraturan tersebut justru berupaya meregulasi pemanfaatan hasil sedimentasi laut demi kemaslahatan yang lebih luas.

"Pada konteks pemanfaatan ini, biasanya konflik dan yang lainnya muncul. Sehingga harus kita jelaskan dengan sangat detail dalam PP No.26/2023 ini. Ini yang seharusnya harus kita bedah betul cara memahami PP ini. Kami berharap, melalui PP No.26/2023, ada pemulihan kualitas lokasi, peningkatan kejernihan air, dan ketersediaan ikan sampai memitigasi risiko lingkungan itu tadi," jelas Huda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper