Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antraks Ditemukan di Gunungkidul, Wonogiri Siapkan Antisipasi

Di Wonogiri belum ditemukan kasus antraks, tapi perlu antisipasi, mengingat di Gunung Kidul Daerah sudah ditemukan kasus antraks.
Penjualan hewan kurban./Bisnis-Nizar Fachri Rabbani.
Penjualan hewan kurban./Bisnis-Nizar Fachri Rabbani.

Bisnis.com, WONOGIRI - Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dislapenak) Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, melalui Program Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) berupaya mengantisipasi penyebaran penyakit antraks yang bersifat menular pada hewan maupun manusia.

"Kami melakukan antisipasi antraks bersama dengan camat dan perangkat desa memberikan KIE," kata Kepala Dislapernak Wonogiri Surtadi, di Wonogiri, Rabu (6/7/2023).

Pihaknya sudah melaksanakan pertemuan dengan camat, petugas Dislapernak, kepala desa, dan perangkat desa, untuk sosialisasi bahaya antraks dan cara mengatasinya.

Namun di wilayah Wonogiri, kata dia, hingga sekarang belum ditemukan kasus antraks. Kendati demikian pihaknya melakukan antisipasi, mengingat di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berbatasan dengan wilayahnya, sudah ditemukan kasus antraks.

"Kami melakukan antisipasi berjenjang dari camat ke kepada desa atau kepala desa ke jajaran di bawahnya dan seterusnya sehingga dengan edukasi itu, dapat ditekan kasusnya," kata Surtadi.

Selain itu pihaknya juga melakukan vaksinasi kepada ternak, terutama di daerah perbatasan dengan Gunung Kidul dan mengimbau peternak dalam melakukan jual beli sapi agar lebih hati-hati dengan tidak membeli sapi dari daerah terjangkit antraks.

Apabila terjadi kematian sapi secara mendadak dan seperti ciri-ciri terkena antraks, kata dia, tidak boleh dikonsumsi, harus di kubur. "Kami imbau para penjagal dilarang membeli hewan ternak sapi yang sudah mati atau sakit," katanya.

Angka populasi hewan ternak sapi di Kabupaten Wonogiri hingga saat ini sekitar 168.000 ekor, sedangkan kambing dan domba mencapai 500.000 ekor.

Sementara itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebelumnya melaporkan sebanyak tiga warga di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meninggal dunia akibat penyakit antraks yang ditularkan dari hewan ternak.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kalau kasus meninggal ada tiga orang di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper