Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nutanix Perkuat 229 Aplikasi Pemerintah Kota Yogyakarta untuk Tingkatkan Layanan Masyarakat

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Diskominfosan jalin kemitraan dengan Nutanix untuk menguatkan layanan publik, meningkatkan kinerja dan menghemat biaya.
Pemerintah Kota Yogyakarta bermitra dengan Nutanix untuk terapkan dan bangun Jogja Smart City/Nutanix
Pemerintah Kota Yogyakarta bermitra dengan Nutanix untuk terapkan dan bangun Jogja Smart City/Nutanix

Bisnis.com, SOLO - Nutanix, sebagai pemimpin dalam komputasi hybrid multicloud, mengumumkan bahwa Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta telah memanfaatkan Nutanix Cloud Platform untuk mengintegrasikan seluruhnya 229 aplikasi pemerintah ke dalam platform Jogja Smart Service (JSS) pada Senin (17/7/2023).

Kemitraan ini dilakukan untuk meningkatkan penyediaan dan transparansi layanan publik untuk lebih dari 217.000 pengguna JSS.

Menyadari pentingnya implementasi e-government, Pemerintah Kota Yogyakarta memulai langkah untuk mentransformasi layanan publiknya dan mulai meningkatkan interaksi lebih efektif dengan komunitas, dunia bisnis dan warganya.

Melalui Diskominfosan sebagai motor dibalik transformasi digital ini, Pemkot Yogyakarta memilih Nutanix sebagai mitra strategis untuk memudahkan operasional dan meningkatkan performa aplikasi JSS.

Diskominfosan telah berhasil mengadopsi model DevOps dengan memanfaatkan Microservices dan Kubernetes dalam Nutanix Kubernetes Engine, yang hasilnya berupa peningkatan efisiensi, fleksibilitas dan kolaborasi.

Menurut Diskominfosan, hilangnya pengkotak-kotakan (silo) di antara tim membuat waktu respon aplikasi meningkat, menjadi kurang dari 5 detik.

Implementasi Nutanix juga mengurangi 80% jam kerja IT dan biaya operasional IT keseluruhan berkurang sebesar 50%.

Dengan sistem yang kini sebagian besar sudah terotomatisasi, tim Diskominfosan dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya mereka secara lebih efektif.

Terlebih lagi, Nutanix telah membantu memastikan bahwa informasi dan layanan JSS tersedia sepanjang waktu, bahkan ketika penggunaan mencapai puncaknya, tanpa perlu khawatir dengan kehandalan infrastrukturnya.

“Platform Nutanix menyediakan skalabilitas dan efisiensi yang dibutuhkan untuk keseluruhan rencana dan blue map kami. Harapannya adalah bahwa aplikasi JSS dan program Smart City Kota Yogyakarta dapat menjadi contoh implementasi e-government, menyesuaikan dengan regulasi. Kecepatan dan fleksibilitas teknologi Nutanix juga sangat membantu dalam penguatan ekosistem digital kota, yang mampu mendorong terwujudnya ekonomi digital,” ucap Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono, S.Sos, MM, dalam keterangan resminya, Senin (17/7/2023).

Sebelumnya, Diskominfosan menghadapi berbagai tantangan yang disebabkan oleh sistem IT yang terkotak-kotak atau ter-fragmentasi.

Pihaknya juga mengalami kerumitan dalam pengelolaan data set yang besar di seluruh server fisik.

Nutanix pun hadir untuk menyediakan solusi optimal dengan menawarkan infrastruktur hiper-konvergen yang menyederhanakan operasional, meningkatkan agility dan memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih cepat melalui pemanfaatan DevOps.

“Kemitraan kami dengan Diskominfosan memberikan contoh mengenai bagaimana kekuatan teknologi dapat mendorong perubahan yang berdampak pada sektor publik dan membentuk ekosistem smart society. Kami tetap berkomitmen untuk mendukung visi Pemerintah Kota Yogyakarta dan mengharapkan inovasi lebih lanjut serta kesuksesan bersama,” ucap Han Chon, Managing Director SEATHK Nutanix.

Sejalan dengan itu, kemitraan bersama Nutanix menjadi langkah pemkot untuk ikut memajukan program Smart City di Yogyakarta.

Adapun rencana di masa mendatang antara lain adalah implementasi solusi-solusi tambahan dari Nutanix, seperti Nutanix Files Storage, yang akan meningkatkan tata kelola keamanan dan resiliensi data yang tersentralisasi.

Untuk diketahui, Diskominfosan memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pengelolaan terhadap berbagai urusan pemerintahan dan pelayanan publik di bidang komunikasi, informatika dan persandian di dalam wilayah Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Pihaknya juga membagi layanan publik menjadi 4 bagian yakni Infrastruktur Telematika, Sistem Informasi dan Statistik, Persandian, dan Informasi dan Komunikasi Publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper