Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Kemajuan Signifikan di Solo setelah Gibran Menjabat Wali Kota

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berhasil membuat perubahan yang baik bagi Solo setelah menjabat selama 2 tahun.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo/Bisnis-Taufan Bara Mukti
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo/Bisnis-Taufan Bara Mukti

3. Pengembangan Kota Solo sebagai Destinasi Wisata

Dengan serangkaian proyek revitalisasi dan pembangunan infrastruktur, Gibran Rakabuming Raka berhasil mengangkat Kota Solo sebagai destinasi wisata yang menarik bagi penduduk lokal maupun wisatawan dari berbagai penjuru.

Salah satu yang menyita perhatian warga luar Solo adalah adanya night market yang digelar setiap Jumat dan Sabtu di Jalan Gatot Subroto (Gatsu).

Koridor Gatsu yang disulap seperti Malioboro itu merupakan ide Gibran untuk mendatangkan banyak turis ke Solo.

4. Pertumbuhan Ekonomi di Solo 6,25 Persen

Menurut klaim yang disampaikan oleh Gibran, pertumbuhan ekonomi di kota Solo telah melonjak hingga mencapai 6,25 persen pada tahun 2022 selama kepemimpinannya.

Gibran memperjelas bahwa pada awal masa jabatannya sebagai walikota, pertumbuhan ekonomi Solo tercatat minus 1,74 persen. Namun, dengan kebijakan yang diterapkan selama kepemimpinannya, terjadi perubahan yang signifikan dimana ekonomi kota tersebut berhasil tumbuh hingga mencapai angka 6,25 persen.

5. Solo Masuk dalam Kategori Kota Paling Toleran di Indonesia 

Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot) telah mendapat penghargaan apresiasi dari lembaga SETARA Institute karena upayanya dalam membangun harmoni antarumat beragama, etnis, dan budaya. Surakarta berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Dalam Laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 yang diselenggarakan oleh SETARA Institute, Surakarta memperoleh skor 5,883, menempatkannya di posisi keempat dari 10 kota paling toleran. Laporan ini menegaskan bahwa Surakarta termasuk di antara kota-kota yang menunjukkan tingkat toleransi yang tinggi.

Menurut siaran pers SETARA Institute, Laporan IKT 2022 merupakan hasil dari pengukuran yang dilakukan lembaga tersebut untuk mempromosikan praktik-praktik toleransi terbaik di berbagai kota di Indonesia.

IKT bertujuan untuk memberikan gambaran dasar dan menilai kinerja pemerintah kota dalam memajukan kerukunan, toleransi, kesadaran kebangsaan, serta inklusi sosial. Informasi dasar ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat, pemerintah, dan berbagai pihak yang ingin memahami tingkat toleransi di 94 kota di Indonesia.

6. Penghargaan Bergengsi dalam Pembangunan dan Lingkungan

Di bawah kepemimpinan Gibran, Kota Solo telah meraih sejumlah penghargaan prestisius, mencerminkan upaya berkelanjutan dalam pembangunan dan pengelolaan sumber daya.

Salah satu prestasi utama yang patut mendapatkan penghargaan adalah penganugerahan Sertifikat Adipura Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 28 Februari 2023. Penghargaan ini menandakan komitmen Pemerintah Kota Surakarta dalam menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan kota.

“Keberhasilan Kota Solo meraih penghargaan ini tentu saja tidak lepas dari partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” jelas dalam laman web Surakarta.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler