Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Telur Ayam di Semarang Sentuh Rp30.000/Kg

Tak hanya beras, harga telur ayam di Kota Semarang juga ikut meroket naik.
Suasana di Pasar Johar pada Rabu (21/2/2024)./Bisnis-Vatrischa Putri Nur Sutrisno.
Suasana di Pasar Johar pada Rabu (21/2/2024)./Bisnis-Vatrischa Putri Nur Sutrisno.

Bisnis.com, SEMARANG – Harga telur ayam ras di Kota Semarang, Jawa Tengah, kian hari terus merangkak naik sejak seminggu terakhir. Harga telur ayam negeri yang sebelumnya berada di kisaran Rp26.000-28.000/Kg, sekarang menyentuh Rp29.000-30.000/Kg.Telur ayam di Pasar Jatingaleh Kota Semarang saat ini dibanderol dengan harga Rp30.000/Kg.

Wina (35) salah satu pedagang telur menyatakan, kenaikan harga telur terjadi baru-baru ini, puncaknya setelah perayaan imlek. Kenaikan harga telur ini jauh lebih mahal dibanding kenaikan pada lebaran tahun lalu.

Wina mengatakan bahwa dirinya tidak tahu persis mengenai asal muasal kenaikan harga telur yang cukup drastis dalam waktu yang singkat ini. “Iya, naik, Rp30.000/Kg. Baru-baru ini naiknya. Kalau kenapanya, ndak tahu, ya. Sudah dari sana,” ungkap Wina ketika ditemui Bisnis, Rabu (21/02/2024).

Wina mengungkapkan bahwa kenaikan harga telur terjadi dari tingkat pemasok. Tak heran jika hampir semua pedagang telur juga menaikkan harganya di kisaran yang sama.

Sarti (47) seorang pedagang telur di Pasar Johar Kota Semarang, mengungkapkan hal yang sama. Perempuan itu bahkan mengatakan bahwa banyak pembeli yang mengeluh dan kaget mengetahui kenaikan harga telur. Saat ini, dia menjual telur ayam negeri Rp29.000/Kg.

"Iya, Rp29.000/Kg baru [naik]. Dulu masih Rp27.000/Kg. Ini banyak pembeli yang mengeluh. Kalau begini susah,” bebernya.

Adapun Wawan (51), seorang pedagang telur di Pasar Bulu Kota Semarang, mengatakan menjual telur dengan harga Rp 29.000/Kg. Wawan menduga bahwa pemicu naiknya harga telur yang signifikan ini berkat berkurangnya stok. Pedagang itu juga berharap pemerintah untuk segera mencari solusi atas kenaikan harga pangan saat ini, mengingat bulan puasa akan datang sebentar lagi.

“Sepertinya, ya, karena stok berkurang itu. Pengennya, ya, gimana lah pemerintah caranya [mencari solusi]. Sebentar lagi puasa, takutnya malah tambah [mahal] lagi,” ucap Wawan.

Sementara itu, di harga di pusat perbelanjaan ritel di Kota Semarang cenderung stabil. Dalam pantauan harga di Superindo Candisari Kota Semarang dibanderol Rp28.250/Kg.

Melansir dari panel harga yang dikelola Badan Pangan Nasional, harga telur rata-rata di Jawa Tengah saat ini mencapai Rp28.790/Kg yang mana harga tersebut telah melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) telur ayam ras yakni Rp27.000/Kg. Selain telur ayam ras, harga pangan yang saat ini banyak menjadi perhatian masyarakat adalah kenaikan harga beras.

Pergerakan harga beras ditengarai akibat perubahan iklim, terutama faktor El Nino yang mengganggu pasokan dari pusat produksi. Adapun HET beras premium adalah Rp12.800/Kg. Saat ini rata-rata harga beras premium di Jawa Tengah juga telah berada jauh di atas rata-rata HET, yakni mencapai Rp16.340/Kg. [Magang/Vatrischa Putri Nur Sutrisno]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper