Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku UMKM Semarang Antusias Belajar Jualan Online Lewat Livestreaming

Fitur livestreaming dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan para pelaku UMKM di aplikasi Tokopedia.
Para pelaku UMKM antusias belajar cara jualan online di Tokopedia  dalam kegiatan Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok: Selalu Untung Lewat Digital, Rabu (8/5/2024) di Kota Semarang. Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Para pelaku UMKM antusias belajar cara jualan online di Tokopedia dalam kegiatan Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok: Selalu Untung Lewat Digital, Rabu (8/5/2024) di Kota Semarang. Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, SEMARANG - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang antusias belajar strategi jualan online dengan cara livestreaming dan membuat video pendek, guna meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Para pelaku UMKM juga membagikan kisah sukses saat berjualan melalui e-commerce. Ada juga pakar pemasaran digital yang membagikan berbagai tips agar sukses jualan online.

Akhmad Sobari Akbar, Seller Education Shop Tokopedia menjelaskan pelaku UMKM bisa mendapatkan penjualan besar, bila melakukan livestreaming. Namun, sebelumnya pelaku UMKM bisa membuat teaser berupa video pendek kurang lebih pada H-7.

Salah satu tips yang cukup banyak diminati adalah strategi melakukan penjualan produk melalui fitur livestreaming Shop Tokopedia. Kegiatan livestreaming tersebut selain mengundang banyak penonton secara real-time juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk maupun destinasi wisata.

Kegiatan livestreaming juga perlu dilakukan secara konsisten. Menurut Akhmad, setidaknya pelaku UMKM mesti melakukan livestreaming 3-5 kali dalam seminggu. Selain itu, pelaku UMKM juga dapat memilih produk dengan popularitas dan margin yang tinggi untuk lebih mengefektifkan kegiatan livestreaming tersebut.

"Pokoknya mau setiap hari juga tidak masalah, terus minimal durasinya dalam satu hari itu 6 jam. Jadi bisa dipotong-potong, 2 jam 2 jam seperti itu, atau 6 jam langsung, boleh saja," jelas Akhmad dalam kegiatan Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok: Selalu Untung Lewat Digital, Rabu (8/5/2024)

Pelaku UMKM juga disarankan untuk menampilkan 6-10 produk dalam sekali livestreaming. Supaya lebih efektif, satu produk mesti ditampilkan dengan durasi minimal satu menit.

Akhmad melanjutkan, meskipun fitur livestreaming bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk, tetapi pelaku UMKM wajib mengikuti beberapa aturan demi keamanan dan kenyamanan pengguna aplikasi Shop Tokopedia.

Beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar misalnya menggunakan banyak perangkat dan banyak akun dalam sekali livestreaming. Selain tidak efektif, cara tersebut justru bakal merugikan pelaku UMKM lantaran kegiatan siaran langsung dianggap spam.

Pelaku UMKM juga mesti menjaga anak-anaknya agak tidak ikut masuk ke dalam livestreaming. Ini menjadi aturan yang wajib ditaati oleh pedagang UMKM saat siaran langsung.

"Kenapa anak kecil enggak boleh [masuk livestreaming]? karena takutnya eksploitasi anak di bawah umur. Karena untuk livestreaming itu harus umurnya di atas 18 tahun," jelas Akhmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper