Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jateng 2018 : Ganjar Janjikan Tetap Swasembada Beras

Calon Gubernur Ganjar Pranowo menegaskan bahwa Jawa Tengah akan tetap swasembada beras. Selama ini, produksi beras di Jawa Tengah berlebih sehingga tidak membutuhkan impor dari daerah lain.
Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Saat Menghadiri Sarasehan Keluarga Besar Pengusaha Beras di Sragen Jawa Tengah
Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Saat Menghadiri Sarasehan Keluarga Besar Pengusaha Beras di Sragen Jawa Tengah

Bisnis.com, SRAGEN - Calon Gubernur Ganjar Pranowo menegaskan bahwa Jawa Tengah akan tetap swasembada beras. Selama ini, produksi beras di Jawa Tengah berlebih sehingga tidak membutuhkan impor dari daerah lain.

Ganjar mengatakan, swasembada beras adalah salah satu cara untuk menstabilkan harga. "Jateng ini kan berasnya sisa, tidak perlu beras impor. Harga cenderung stabil," ujarnya dalam keterangan pers Senin (2//4/2018).

Bahkan stok yang ada masih bisa dijual ke daerah lain, sehingga harga beras bisa dibentuk sedari awal. Calon gubernur nomor urut satu itu, mengakui masih menerima laporan mengenai tidak stabilnya harga beras. Namun, hal itu karena dipengaruhi musim panen.

"Januari dan Februari katanya harga lumayan tinggi, ya itu karena belum panen. Saat ini, Maret dan April, harga mulai turun karena sudah panen," ucapnya.

Pemerintah, lanjutnya, tidak tinggal diam melihat naik turunnya harga beras.

"Pemerintah ada mekanisme, harga pembelian pemerintah atau HPP. Untuk gabah kan sudah ditetapkan, tapi untuk beras masih terbukan. Bulog punya aturan terbatas, serapan terbatas. Ini bisa jadi instrumen pengendalian harga, karena pasar terbuka maka mekanismenya harus terbentuk," paparnya.

Ganjar menegaskan siap memfasilitasi pertemuan antara Bulog dengan petani dan pengusaha besar untuk membicarakan pengendalian harga beras. "Memang perlu duduk bersama, pengendalian harga butuh peran serta semua stakeholder," tambahnya.

Sarasehan diikuti sekitar lima ratus pedagang beras. Salah satunya Sutrisno yang menanyakan soal ketersediaan pupuk sebagai unsur utama pendukung produksi padi.

Ganjar menyatakan, dirinya memproteksi pupuk bersubsidi dengan kartu tani agar distribusinya tepat sasaran. Jika subsidi dibiarkan terbuka seperti LPG 3 kilogram, akan tidak tepat sasaran. Terbukti warga kaya pun sekarang bebas membeli gas melon.

"Dulu sebelum ada kartu tani siapapun yang punya duit meski bukan petani bisa beli pupuk subsidi, maka penyelundupan marak," katanya.

Soal kurangnya stok pupuk diakui Ganjar karena jatah dari pemerintah pusat kurang. Jatang Urea untuk Jateng hanya 92,80 persen dari kebutuhan. Begitu juga dengan SP-36 hanya 48,48%, ZA 62,5%, NPK Phonska 48,5%, dan Organik 24,6%.

"Saya sudah meminta kementerian pertanian menambah. Per 5 April akan dikirim tambahan jatah pupuk subsidi untuk Jateng, petani tidak akan kesulitan lagi," ujarnya.

Ganjar berharap, setelah ini tidak ada lagi keluhan soal pupuk. Penggunaan kartu tani pun sudah dipermudah. Bagi petani yang sudah memiliki kartu tani, pembelian bisa dengan uang cash.

Petani tidak perlu memiliki tabungan di bank. Bagi yang belum memiliki kartu pun tetap bisa membeli dengan membawa KTP dan SPPT lahan yang digarap.

Nah problem selanjutnya ada pada petani yang belum masuk kelompok tani, karena pasti otomatis dia belum mengajukan rencana definitif kebutuhan kelompok atau RDKK.

"Maka saya minta segera masuk kelompok tani dan mengajukan RDKK tambahan, segera diproses dan bisa beli pupuk," kata Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper