Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kereta Joglosemarkerto Laris Manis

PT KAI Daop 4 Semarang mengklaim jika pengoperasian kereta Joglosemarkerto mampu menyedot banyak penumpang di Jawa Tengah. Hal ini, terbukti dengan okupansi kereta Joglosemarkerto yang selalu diatas 90% sejak dua minggu pengoperasiannya. 
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 14 Desember 2018  |  15:00 WIB
Pengunjung mencoba fasilitas saat peluncuran kereta api (KA) Joglosemarkerto di Stasiun Solo, Balapan, Solo, Sabtu (1/12/2018). KA Joglosemarkerto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang TawangPurwokerto diteruskan menuju YogyakartaSoloSemarang Tawang. - Solopos/M.Ferri Setiawan
Pengunjung mencoba fasilitas saat peluncuran kereta api (KA) Joglosemarkerto di Stasiun Solo, Balapan, Solo, Sabtu (1/12/2018). KA Joglosemarkerto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang TawangPurwokerto diteruskan menuju YogyakartaSoloSemarang Tawang. - Solopos/M.Ferri Setiawan

Bisnis.com, SEMARANG - PT KAI Daop 4 Semarang mengklaim jika pengoperasian kereta Joglosemarkerto mampu menyedot banyak penumpang di Jawa Tengah. Hal ini, terbukti dengan okupansi kereta Joglosemarkerto yang selalu diatas 90% sejak dua minggu pengoperasiannya. 

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto menuturkan, antusiasme penumpang kereta Joglosemarkerto sangat bagus. Bahkan, bukan hanya saat akhir pekan saja kereta ramai, namun hari biasa pun keterisian melebihi 90%.

"Sejak peluncurannya sampai hari ini okupansinya rata-rata di atas 90% Adapun trayek, ini kan melingkar, loop line dominan atau paling diminati dari Semarang Tawang tujuan Purwokerto. Lalu dari arah Purwokerto ke Jogja atau Solo," kata Suprapto Jumat (14/12/2018).

Menurutnya, salah satu faktor tingginya okupansi kereta Joglosemarkerto yakni, karena memang ini adalah angkutan dengan trayek memutar yang cukup sering menaik-turunkan penumpang di tiap stasiunnya.

"Karena kereta ini turun naik, jadi misal tujuan Semarang ke arah Jogja, itu kan ada yang turun di Pekalongan, dari Pekalongan naik lagi. Selain itu sosialisasi juga cepat di era medsos ini, jadi meski baru sudah pada tahu," tambahnya.

Adapun, kereta Joglosemarkerto melewati beberapa kota yakni Semarang—Solo—Yogyakarta—Kroya—Purwokerto—Tegal—Pekalongan. Sementara itu, total jarak tempuh KA ini mengelilingi jalur rel di wilayah Jawa Tengah adalah 579 km.

Peresmian KA Joglosemarkerto. Video koleksi Huma Jateng di Youtube.

Di sisi lain, guna mendukung operasional KA Joglosemarkerto ini, KAI telah menyiapkan 3 rangkaian kereta api yang masing-masing rangkaian terdiri dari 2 kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (1 kereta = 50 tempat duduk) dan 7 kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk (1 kereta ekonomi = 80 tempat duduk). KA Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya.

"Setiap hari, terdapat 3 titik pemberangkatan awal untuk KA Joglosemarkerto, yaitu dari Stasiun Semarang Tawang pada jam 06:15 wib , Stasiun Solo Balapan pada jam 06:00 wib dan Stasiun Purwokerto pada jam 05:00 wib. Diharapkan kehadiran dari 3 rangkaian kereta api ini, bisa memenuhi kebutuhan transportasi warga Jawa Tengah untuk koridor penghubung di kota - kota wilayah sekitar Jawa Tengah," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang pt kereta api indonesia di purwokerto
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top