Kereta Api Baturraden, Purwokerto-Bandung, Beroperasi Tiap Hari

Tingkat okupansi yang melebihi 50 persen tentunya menjadi catatan bahwa KA Baturraden Ekspres ini cukup diminati masyarakat.
KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung PP saat baru diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Jumat (25/6/2021)./Antara-Sumarwoto
KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung PP saat baru diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Jumat (25/6/2021)./Antara-Sumarwoto

Bisnis.com, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto akan menjalankan KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Kroya-Bandung pergi pulang (PP) setiap hari selama Februari 2023 untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

Kepala KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (1/2/2023) mengatakan sejak KA Baturraden Ekspres dioperasikan kembali pada 21 Desember 2022 untuk mendukung angkutan Natal dan Tahun Baru, animo masyarakat untuk memanfaatkan layanan moda transportasi massal tersebut cukup tinggi.

Menurut dia, okupansi Baturraden Ekspres telah menunjukkan tren yang sangat positif karena hingga berakhirnya masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, tingkat keterisian mencapai 6.655 penumpang atau 70,24 persen.

"Tingkat okupansi yang melebihi 50 persen tentunya menjadi catatan bahwa KA Baturraden Ekspres ini cukup diminati masyarakat," tegasnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya kembali menjalankan KA Baturraden Ekspres setiap hari selama Februari 2023.

Kendati demikian, Daniel mengakui jadwal keberangkatan Baturraden Ekspres dari Stasiun Purwokerto mengalami perubahan setelah dilakukan beberapa kajian dan permintaan pasar agar tiba di Stasiun Bandung pada waktu yang sesuai dengan harapan pelanggan.

"Jika sebelumnya Baturraden Ekspres berangkat dari Stasiun Purwokerto pada pukul 19.40 WIB, berubah menjadi pukul 21.45 WIB," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengharapkan hadirnya Baturraden Ekspres yang terdiri atas kelas eksekutif dan bisnis dapat menjadi layanan berbeda karena rute tujuan Bandung selama ini hanya dilayani KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP dengan rangkaian kereta kelas ekonomi.

Dengan demikian, apabila pelanggan dari Purwokerto ingin menikmati perjalanan menuju Bandung dengan kelas layanan lebih tinggi, kata dia, harus menuju Stasiun Kroya terlebih dahulu untuk bisa naik kereta api sesuai kelas yang diharapkan.

"Kami juga memberlakukan tarif khusus pada KA Baturraden Ekspres dengan memanfaatkan idle seat (bangku kosong) pada relasi tertentu. Ini kami lakukan untuk optimalisasi okupansi angkutan penumpang," katanya.

Daniel juga mengatakan tarif khusus tersebut di antaranya relasi Purwokerto-Kroya dan sebaliknya sebesar Rp35.000 untuk kelas eksekutif dan Rp30.000 untuk kelas bisnis.

Selain itu, kata dia, untuk relasi Kroya-Tasikmalaya dan sebaliknya sebesar Rp90.000 untuk kelas eksekutif dan Rp70.000 untuk kelas bisnis.

KA Baturraden Ekspres pertama kali dijalankan pada 25 Juni 2021, yang melayani relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP, namun operasionalnya tidak berjalan lama karena adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper